Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Kemendes Dukung Pembangunan Desa Broadband

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mendukung penuh rencana yang dilakukan Balai Penyedia dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) untuk membangun desa broadband agar petani dan penduduk desa merasakan manfaat Internet.

Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengemukakan dewasa ini seluruh masyarakat Indonesia memiliki hak untuk mendapatkan akses Internet. Menurutnya, manfaat Internet tersebut di antaranya adalah membantu para penduduk desa dan petani untuk berjualan secara daring (dalam jaringan).

"Ya harus didukung dong. Saat ini kan masyarakat desa juga butuh sekali internet itu. Mereka bisa menjual hasil pertaniannya dan kreativitasnya di dunia maya seperti di e-commerce misalnya. Itu yang dibutuhkan masyarakat desa dan petani saat ini," kata Eko di Jakarta, pekan lalu.

Menurutnya, sebagai dukungan terhadap masyarakat desa dan petani agar dapat bersaing di era digital, pemerintah telah menggelar Expo Prukades 2017 untuk mengembangkan bisnis dan daya saing masyarakat desa serta petani.

"Untuk meningkatkan skala produksi mereka, kami akan membawa BUMN dan swasta untuk membantu mereka. Bisa saja misalnya petani itu diberi bibit agar bisa meningkatkan produksinya," katanya.

Dia menjelaskan dewasa ini masyarakat desa tidak hanya membutuhkan Internet, tetapi juga pasokan listrik yang cukup. Menurutnya, untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya telah menggandeng sejumlah pihak swasta.

"Kami sudah menggandeng banyak stakeholder, swasta juga. Ini semua kami lakukan untuk mendukung masyarakat desa," ujar Eko.

Seperti diketahui, BP3TI berencana menutup area blankspot pada sekitar 5.000 desa yang akan rampung pada 2019. Menurut BP3TI hingga akhir Desember 2016, pihaknya telah membangun sebanyak 31 BTS (Base Tranceiver Station) aktif dan sebanyak 40 BTS masih dalam proses pembangunan.


Sumber:

http://id.beritasatu.com/home/kemendes-dukung-pemb...

Kategori
               

Heriyanto
Mahasiswa · Kabupaten Pemalang
Kawasan pangakalan bun sekitar mohon di perhatikan
08 Aug 2017
Sutomosadewo
Petani · Kabupaten Bojonegoro
kalau menurutku pupuk benih pas lagi di butuhin ada di daerah kami mupuk biasanya bulan 1 masak bulan 9 sudah pada beli biasanya kalau langsung beli gak ada gimana solusinya.
08 Aug 2017
Sutomosadewo, kalo maksud bapak tentang pupuk subsidi yang tidak tersedia ketika dibutuhkan, seharusnya pupuk bersubsidi itu tersedia di kios pupuk yang ditunjuk, dan petani berhak untuk menerimanya sesuai dengan luas lahan yang dipunya.
08 Aug 2017
Wahyudhi
Petani · Kabupaten Sumbawa
Di daerah kami untuk bibit agak kesulitan, adapun bibit bantuan biasanya 60% sudah rusak kalaupun masih bagus mutu bibit tersebut jelek.. bagaimana solusinya agar kami bisa mendapat bibit yang bagus dan berkwalitas
08 Aug 2017
Sutomosadewo
Petani · Kabupaten Bojonegoro
maka dari itu gimana solusinya. bisa dapat pupuk tapi bukan dari kelompok tani tapi dari tengkulak harga pun beda . kasihan petani yang seharusnya terjadi tapi gak terjadi q berharap dengan aplikasi bisa membantu
09 Aug 2017
Wahyudhi, mengenai bantuan bibit yang 60% rusak bisa langsung lapor ke penanggung jawab distribusi benihnya, ke kelompok tani atau dinas pertanian setempat. Sejauh ini belum ada cara lain untuk mendapatkan benih berkualitas selain bantuan dari pemerintah, kecuali beli sendiri bibit non subsidi.
10 Aug 2017
Sutomosadewo, sampai sekarang belum ada alternatif untuk mendapatkan pupuk murah selain subsidi pemerintah. Mengenai ketersediaan pupuk subsidi yang tidak sesuai bisa langsung ke Dinas Pertanian setempat sebagai penanggung jawab, atau bisa SMS ke 1708.
10 Aug 2017
Ade Sugotro
Petani · Kabupaten Karanganyar
kami masy. diplosok pedesaan mohon dibantu peningktan produksi dan pemasarannya dg harga yg layak pak..nasib petani selamana ini mengenaskan..
12 Aug 2017
Ade Sugorto, daerah mana, Pak?
14 Aug 2017
Ade Sugotro
Petani · Kabupaten Karanganyar
saya beralamat di Dusun Suren desa jatimulyo kec.jatipuro kab.karanganyar .solo jateng
17 Aug 2017
Bisa ikut program Rego Pantes yang digembar-gemborkan Pak Ganjar, Pak. Nanti lewat rego Pantes, Bapak bisa jual hasil panen jauh lebih tinggi dari harga tengkulak. Coba cari informasinya dari kelompok tani bapak, atau ke kantor desa juga bisa. Sudah dapat Kartu Tani Pak?
29 Aug 2017
Yosep Kurniawan
Petani · Kabupaten Ciamis
Adakah internet murah untuk petani ??
31 Aug 2017
Ade Sugotro
Petani · Kabupaten Karanganyar
saya belum dapat kartu tani Lisa
31 Aug 2017
mz addani 212
Pedagang · Kabupaten Magelang
waw bs online petaniku...mntapz
04 Oct 2017
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Semoga program yang baik ini bisa lebih memfasilitasi para petani untuk maju dan sejahtera.
18 Feb 2018
Silahkan login untuk memberikan komentar