Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Membuat Kelengkeng Berbuah Sepanjang Tahun

Buah kelengkeng merupakan buah manis yang menjadi favorit masyarakat. Kelengkeng baik untuk dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi makanan lain. Pada sejarahnya tanaman kelengkeng merupakan tanaman yang tumbuh liar tanpa melalui budidaya. Akan tetapi seiring meningkatnya pamor dari buah kelengkeng, maka meningkat pula para pembudidayanya.

Tanaman kelengkeng sendiri memiliki pohon yang tidak terlalu tinggi dan besar. Buah dari tanaman ini berwarna cokelat tua jika sudah matang dan dagingnya berwarna putih. Rasa buahnya sangat manis dan daging buahnya sangat tebal. Sayangnya, seperti kebanyakan buah di daerah tropis buah kelengkeng ini juga termasuk buah musiman dan tidak setiap saat mampu berbunga dan berbuah.

Namun sekarang seiring dengan majunya teknologi pertanian dengan teknik off-season tanaman kelengkeng dapat berbunga setiap saat.

Tanaman kelengkeng (Dimocarpus longan) adalah tanaman dataran tinggi yang memerlukan suhu rendah. Di dataran rendah tanaman ini tetap bisa tumbuh namun akan sulit untuk menghasilkan buah (mandul).

Namun pada tahun 2000 ditemukan varietas kelengkeng yang dapat ditanam di daerah dataran rendah yang bersuhu panas bernama Diamond River. Saat ini varietas ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Pada tahun 1998 para ahli menemukan cara induksi pembungaan tanaman kelengkeng dengan aplikasi KClO3. Dengan memberikan senyawa ini pohon kelengkeng terbukti dapat merangsang pembentukan bunga. Diketahui ada tiga cara untuk mengaplikasikan KClO3 pada kelengkeng. Berikut penjelasannya.

1. Ditabur ke tanah

KClO3 dapat diberikan pada pohon kelengkeng dengan menaburkannya di bawah kanopi atau sekitar perakaran pohon. Dosis yang dianjurkan adalah 1-8 gram/m2. Sayarat setelah menabur senyawa ini ialah pastikan tidak ada hujan setelah perlakuan. Hujan akan mengakibatkan bahan kimia yang diberikan akan tercuci sebelum terserap tanaman sehingga tingkat keberhasilan rendah.

2. Disemprotkan ke daun

Perlakuan ini dilakukan seperti memberikan pupuk daun. Dosis yang diberikan pada penyemprotan daun adalah 2 gram/liter. Syarat keberhasilan metode ini adalah jenis daun pada saat aplikasi adalah daun tua, jika diberikan pada daun muda maka kemungkinan berbunga akan rendah. Tanaman bisa diperlakukan lagi setelah 2 masa vegetatif/flush daun.

3. Injeksi batang

Metode ini dilakukan dengan menginjeksi KClO3 ke batang utama atau akar pohon, cara ini dilakukan pada tanaman kelengkeng yang besar yang tidak memungkinkan disiram atau disemprot. Dosis yang bisa diberikan untuk metode ini adalah 0,25 gram/cm.

Berdasarkan hasil penelitian perlakuan kimia dengan cara ditabur ke tanah mempunyai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan metode ditabur.

Dalam aplikasi KClO3 ini tiap varietas tanaman kelengkeng memiliki daya respon yang berbeda-beda. Misalnya jenis Sri Chompo lebih responsif dibanding dengan varietas Edaw. Sri Chompo hanya memerlikan 1 gram KClO3/m2 untuk proses pembungaan sedangkan varietas Edaw memerlukan dosis 4 gram KClO3/m2.

Adapun beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menunjang keberhasilan metode ini. Berikut hal yang perlu dilakukan:

1. Bersihkan tanah dibawah kanopi dari kerikil, sampah dan gulma
2. Lakukan pemangkasan jika kanopi tanaman terlalu rimbun agar sinar matahari masuk dan sirkulasi udara bagus. Jika ada beberapa ranting yang ujungnya daun muda maka dipangkas ujung rantingnya.
3. Larutkan bahan kimia dalam air sesuai dosis rekomendasi produk
4. Siramkan larutan tersebut ke bawah kanopi tanaman bagian luar
5. Seminggu setelah perlakuan dilakukan pemupukan menggunakan pupuk NPK dengan dosis sesuai umur tanaman;

a) Umur 2-3 tahun: 0,2-0,5 kg/pohon
b) Umur 4-5 tahun: 0,5-1,0 kg/pohon
c) Umur 5 tahun ke atas: 1,0-1,5 kg/pohon

6. Lakukan penyiraman secara rutin, media yang kering akan memperlambat kelengkeng berbunga dan berbuah

Perlakuan tersebut akan mengakibatkan perubahan hormon di ujung ranting sehingga mengubah dari fase vegetatif ke generatif. Keberhasilan perlakuan akan terlihat 40-60 hari kemudian yang ditandai dengan munculnya primordia bunga. Jika setelah 60 hari tidak muncul, maka perlakuan yang dilakukan mengalami kegagalan. Setelah bunga mekar, selanjutnya akan mengalami perubahan morfologi dan fisiologi pada buah sampai siap panen.

Buah siap dipanen 4-5 bulan setelah bunga mekar tergantung pada varietas. Setelah pemanenan dilakukan pemupukan dengan pupuk organik dan diberi asam amino. Perlakuan yang tersebut diatas jika dilakukan dengan benar dan tepat waktu akan mempercepat tanaman klengkeng berbuah.

Setelah 72 hari dari waktu panen, pohon kelengkeng dapat diinduksi kembali menggunakan KClO3. Apabila induksi dilakukan kurang dari waktu itu maka panjang malai yang dihasilkan tidak akan maksimal.

Anggapan bahwa tanaman klengkeng yang tidak mau berbuah adalah jantan tidak benar, tidak ada tanaman kelengkeng jantan atau betina. Dalam setiap malai bunga tanaman kelengkeng pasti ada bunga jantan (Male 1) dan betina (Female) serta ada beberapa varietas yang memiliki bunga hermaprodit (Male 2).



Sumber:

http://mitalom.com/tips-agar-kelengkeng-cepat-berb...

https://kabartani.com/cara-membuat-tanaman-kelengk...


Kategori
               

Unknown
Penyuluh · Kabupaten Tasikmalaya
Maaf gan.. Kalo mau komentar eror mlu.. Gmna ya??
29 Aug 2017
Edi
Petani · Kabupaten Tasikmalaya
kenapa kelengkeng dari bji gx bsa berbuah.,???
29 Aug 2017
atho'
Petani · Kabupaten Grobogan
lisa kcl03 itu apa y? dan contohnya apa y?belinya di mana?mtr swun
29 Aug 2017
Edi
Petani · Kabupaten Tasikmalaya
tanam dari bji
29 Aug 2017
Edi
Petani · Kabupaten Tasikmalaya
oh klo mau komen eror mulu,itu jaringan tak memadai lur
29 Aug 2017
Emrizal
Petani · Kabupaten Agam
nyimak
29 Aug 2017
Unknown
Penyuluh · Kabupaten Tasikmalaya
Jaringan lanjay om 4g.. Ttp eror komentar pertanyaan nya
29 Aug 2017
Bayu
Petani · Kabupaten Ciamis
Akan saya praktekkan terimakasih artikel nya bermanfaat.
30 Aug 2017
Eror bagaimana, Pak? Tapi ini bisa untuk berkomentar?
30 Aug 2017
Pak Edi, bisa Pak sebenarnya kalau tanam dari biji dan bakal berbuah. Tapi waktu berbuah pertama kali akan lebih lama dari yang ditanam secara vegetatif. Kalau dari biji (generatif) biasanya akan mulai berbuah pada umur 3-4 tahun, sedangkan bibit dari cangkok dll (vegetatif) akan mulai berbuah di umur1-2 tahun
30 Aug 2017
Pak atho, KClO3 itu senyawa katalisator pembuahan. Artinya senyawa kimi tsb dapat merangsang pembentukan bunga dan buah. Bentuknya bisa jadi kristal, tepung atau butiran yang berwarna putih, tidak berbau dan rasanya asin.
30 Aug 2017
Nunu nuryaman
Petani · Kabupaten Tasikmalaya
Bibit kelengkeng ini ada dimana pa
30 Aug 2017
Fajri
Petani · Kabupaten Pidie
kelengkeng ditempat saya masalahnya bijinya besar dan dagingnya tipis..gmn itu?
30 Aug 2017
Edi
Petani · Kabupaten Tasikmalaya
bera thn umurnya smpai kya bgtu
30 Aug 2017
Pak Nunu, bibit kelengkeng bisa didapat di toko bibit. Disarankan cari varietas yang sesuai dengtan lokasi penanaman.
30 Aug 2017
Pak Fajri, mungkin memang varietasnya yang begitu Pak.
30 Aug 2017
Umur 2 tahun ke atas sudah bisa begitu Pak Edi, asal perawatannya optimal. Hasil tak akan khianati proses.
30 Aug 2017
atho'
Petani · Kabupaten Grobogan
lisa contoh obat perangsang buah yg mengandung kcl03 itu apa y
30 Aug 2017
ada banyak merk dagang, Pak Atho. Biasanya dijual dengan bentuk yang sudah dicampur dengan pupuk. Biasa disebut di pasaran: booster kelengkeng.
30 Aug 2017
Hartono
Petani · Kabupaten Banyuwangi
apa bisa kck03 untuk mangga min?
05 Sep 2017
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Mantabs artikelnya.
14 Feb 2018
Whendris
Petani · Kabupaten Sragen
apakah beda antara kcl03 dengan kno3
21 Aug 2020
Silahkan login untuk memberikan komentar