Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Meningkatkan Produktivitas dengan Giberelin

Hormon giberelin sebenarnya diproduksi sendiri oleh tanaman. Kita bisa menemukan giberelin di hampir semua siklus hidup tanaman. Fungsi giberelin pada tanaman sangat banyak dan tergantung pada jenis giberelin yang ada di dalam tanaman tersebut. Beberapa proses fisiologi yang dirangsang oleh giberelin antara lain adalah seperti di bawah ini (Davies, 1995; Mauseth, 1991; Raven, 1992; Salisbury dan Ross, 1992).

  • Merangsang batang dengan merangsang pembelahan sel dan perpanjangan.
  • Merangsang lari / berbunga dalam menanggapi hari panjang.
  • Memutuskan masa dormansi benih di beberapa tanaman yang memerlukan stratifikasi atau cahaya untuk menginduksi perkecambahan.
  • Merangsang produksi enzim (a-amilase) di germinating butir serealia untuk mobilisasi cadangan benih.
  • Menginduksi maleness di bunga dioecious (ekspresi seksual).
  • Dapat menyebabkan parthenocarpic (tanpa biji) pengembangan buah.
  • Dapatkah penundaan penuaan dalam daun dan buah jeruk.
  • Genetik Dwarsfism (kerdil).

Berikut beberapa hasil aplikasi giberelin pada tanaman

Padi

Pemberian giberelin pada tanaman padi sebelum umur 40 hst bisa menyebabkan padi tumbuh tinggi. Daun akan memanjang dan ruas batang akan bertambah namun tanaman akan terlihat lemas dan berwarna lebih muda. Maka dari itu sangat tidak dianjurkan pemberian giberelin pada padi berumur di bawah 40 hst, sebab tanaman yang tinggi tadi akan mudah roboh dan mudah terserang hama.

Aplikasi giberelin untuk tanaman padi dianjurkan dilakukan dua kali. Yang pertama pada umur 40-60 hst. Ini sebenarnya bukan dimaksudkan untuk menamba banyaknya anakan, tapi agar anakan primer dan anakan sekunder dapat tumbuh lebih cepat agar bisa mengimbangi bibit. Agar ketika mulai keluar malai, maka anakan sekunder dan primer tidak tertinggal terlalu jauh dari keluarnya malai bibit sehingga masa pemasakannya pun berbarengan.

Aplikasi yang kedua bisa dilakukan ketika malai sudah mulai keluar 3-5%. Aplikasi yang kedua ini dimaksudkan untuk merangsang pertumbuhan bulir-bulir padi, sehingga satu malai dapat menghasilkan bulir padi yang lebih banyak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa Institut Pertanian Bogor, pemberian giberelin pada padi dapat meningkatkan hasil produksi hingga 10%.

Tanaman rimpang

Dalam kasus ini diambil dari sebuah penelitian seorang peneliti bioetanol tentang pemberian hormon giberelin pada tanaman jahe. Hormon yang bisa memecah dormansi tunas jahe adalah sitokinin dan giberelin. Hormon auksin sudah lama sekali diketahui merangsang munculnya tunas-tunas dan percabangan baru. Ketiga hormon ini masing-masing, sendiri-sendiri maksudnya bukan dijadikan satu sekaligus, bisa merangsang pertumbuhan tunas jahe. Selain itu, aplikasi larutan gula/sukrosa juga bisa merangsang dan memecah dormansi bibit jahe.

Cara aplikasinya adalah dengan merendam bibit jahe tua dengan larutan hormon. Ada beberapa konsentrasi hormon atau zpt yang disarankan yang berkisar antara 100-160 ppm. Direndam dalam waktu yang cukup lama sampai hormon bisa masuk ke dalam rimpang. Setelah itu, rimpang jahe ditiriskan hingga tidak menetes lagi airnya. Jahe yang sudah diberi perlakuan hormon ini baru diperam hingga muncul tunas-tunasnya. Tunas akan segera muncul dan rellatif seragam.

Sebenarnya sudah banyak penelitian dan percobaan yang mencoba menggunakan dan mencari hormon atau zpt apa yang cocok untuk tanaman jahe. Salah satunya yang sudah berhasil adalah pemberian giberelin dengan konsentrasi tinggi (150 ppm). Hasilnya sangat mengejutkan. Produksi rimpang segar jahe gajah dengan pemberian giberelin adalah sebesar 69.86 ton/ha dibandingkan dengan tidak menggunakan giberelin yang mencapai 45.6 ton per ha. Artinya, bahwa aplikasi hormon giberelin dengan konsentrasi tinggi pada awal fase pertumbuhan cepat dan fase pembesaran rimpang (baca: fase-fase pertumbuhan jahe) dapat meningkatkan produksi rimpang jahe segar secara signifikan.

Tanaman buah

Penelitian Yennita dan Toten mengenai Pengaruh giberelin terhadap cabai keriting pada fase generatif menyimpulkan pemberian giberelin berpengaruh nyata terhadap jumlah buah, persentase buah jadi bunga dan bobot buah pertanaman cabai keriting. Pemberian giberelin dengan konsentrasi 50 ppm pada tanaman memberikan hasil yang maksimum.

Selain itu, pemberian giberelin pada tanaman buah lain juga memberikan hasil yang memuaskan. Pada semangka misalnya, pemberian giberelin dengan perlakuan tepat bisa menghasilkan semangka tanpa biji, buah bisa jadi lebih besar dan lebih lama busuk.

Pada tanaman jeruk, anggur, melon, paprika, dll giberelin dapat sangat membantu produktivitas. Efek pemberian giberelin pada tanaman buah bisa mengurangi gugurnya bunga dan buah, memperbaiki kualitas buah, memperbesar buah, merangsang tumbuhnya bunga dan memacu pertumbuhan tanaman.

Sekarang sudah banyak ZPT giberelin yang dijual di pasaran dengan berbagai merek dagang. Semuanya pun sudah dispesifikasikan ke masing-masing komoditas. Ada yang dikhususkan untuk jahe, padi, dan berbagai macam buah. Untuk dosisnya pun sudah tercantum di masing-masing produk.

Perlu diketahui juga kalau giberelin merupakan senyawa organik yang bukan unsur hara. Maka dari itu pemberian giberelin akan percuma jika tidak dibarengi dengan pemberian pupuk. Giberelin hanya zat pengatur tumbuh, yang digunakan hanya untuk merangsang tumbuh tanaman pada saat-saat tertentu. Dan karena giberelin juga diproduksi secara alami oleh tanaman, maka pemberian giberelin hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil.

Hal yang perlu dipahami pula, penjelasan tentang ZPT di atas ini berdasarkan penelitian. Aplikasi pemberian giberelin di lapangan bisa berbeda-beda di tiap daerah.


Referensi:
http://www.trubus-online.co.id/
http://isroi.com
http://www.gerbangpertanian.com/
https://farming.id/

Kategori
               

Sutikno
Petani · Kabupaten Tulungagung
terima kasih info nya
08 Sep 2017
Fatonah aziz
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Pak linky susah ke buka
08 Sep 2017
Link yang mana Pak Aziz?
08 Sep 2017
Agung Prastawa
Petani · Kabupaten Bantul
klo sy kok beda pendapat ya.. setau sy giberelin adl hormon utk pertumbuhan vegetatif. Shg pemakaian pd fase generatif justru mlah jelek.. Pengalaman sy di cabe dan melon justru bunga malah rontok
08 Sep 2017
Pak Agung, justru hormon giberelin berfungsi dalam pembentukan bunga. Bersama dengan sitokinin, hormon ini berfungsi untuk menjaga turgor sel di daerah meristematik bunga muda, juga memberikan kekokohan pada tangkai bunga agar tidak mudah rontok. Sejauh ini ada 4 penyebab rontoknya bunga: kekurangan hormon giberelin dan sitokinin, kurang unsur hara K, Ca, N, Zn, dan Mg, kurang teraturnya penyiraman, dan gangguan hama. Mungkin salah satunya bisa jadi penyebab cabe dan melon Bapak rontok. Yang pasti, pemberian giberelin enggak bakal merontokkan bunga, Pak.
08 Sep 2017
Hartono
Petani · Kabupaten Banyuwangi
pemakaian untuk cabe besar umur berapa ya ?
09 Sep 2017
agus jamzuri
Petani · Kabupaten Jember
trimksh LISA,,,info yg sangat bermanfaat,mhn juga dibahas hormon2 yg lain,,cz selama ini yg saya tau cuma mslh unsur hara dan HPT,,
09 Sep 2017
farida
Petani · Kabupaten Cirebon
bgimn membuat giberelin cabe dan bgimn cara apkikasinya
09 Sep 2017
Ade S
Petani · Kabupaten Karanganyar
kalau dpt dibuat sendiri goberelin tsb dari bahan alami apa dan bagaimana cara membuatnya Lisa trimakasih
09 Sep 2017
Djunaedi
Penyuluh · Kabupaten Garut
Salam Kenal Ade S, berikut link untuk membuat ZPT semoga bermanfaat http://greentani.blogspot.co.id/2017/02/cara-mandiri-mendapatkan-hormon-zpt.html?m=1
09 Sep 2017
Ridwan
Petani · Kabupaten Wonosobo
di tanaman kentang ,di usia berapa giberlin masuk pada tanaman.....makasih admin infonya
11 Sep 2017
Pak Hartono, Bu Farida, untuk aplikasi giberelin untuk cabe dilakukan pada saat bunga mulai muncul, yaitu sekitar 44-50 hari. Ini memungkinkan buah cabe tumbuh lebih besar.
11 Sep 2017
Pak Agus, Bu Farida, Pak Ade, nanti kita bahas di artikel selanjutnya ya. Terima kasih Pak Djunaedi atas referensinya.
11 Sep 2017
Pak Ridwan, Sebenarnya untuk kentang, pemkberian giberelin tidak berepengaruh besar terhadap hasil panennya. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan seorang mahasiswa di UNS tidak menujukkan pengaruh apa-apa terhadap besar umbi kentang. Pemberian giberelin akan berpengaruh pada tinggi tanaman saja.
11 Sep 2017
Brickbreaker
Petani · Kabupaten Malang
kalo untuk kubis.. ada efek gak pak..
11 Sep 2017
Ada pak. bisa dicoba untuk kubis
12 Sep 2017
Sidik
Petani · Kabupaten Subang
pak kalau giberelin untuk padi merk apa yang terbaik, soal nya saya pake merk tiger saat malai padi keluar yang nambah panjang batang nya.
17 Sep 2017
Ipunk
Petani · Kabupaten Jombang
kalau padi umur 38 hst trlanjur sya ksih ga3 .. dosis 2.5 ml kandungan 40% . bgmn solusinya agar daun dan batang tidak bertambah panjang? takut rebah
01 Oct 2017
mz addani 212
Pedagang · Kabupaten Magelang
giberelin
04 Oct 2017
Dwi budi muliyanto
Mahasiswa · Kota Salatiga
adakah giberelin alami yg bisa dipakai didaerah desa yang jauh dari kota
05 Oct 2017
mz addani 212
Pedagang · Kabupaten Magelang
mana giberilin
05 Oct 2017
Djunaedi
Penyuluh · Kabupaten Garut
Salam Kenal pak Dwi budi muliyanto, Cara membuat gibberellin Alami bisa lihat di link berikut https://bertani1.blogspot.co.id/2016/02/cara-membuat-giberelin-zpt.html?m=1 semoga bermanfaat
06 Oct 2017
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Wuiih ... mantabs artikel dan diskusinya. Asam giberelin (GA3) bisa digunakan untuk fase vegetatif dan generatif, tergantung tujuan aplikasinya. Contoh: kami mengaplikasikan GA3 untuk memacu tunas pucuk daun dan meningakatkan kualitas pucuknya. Pada proses perkecambahan benih, GA3, auksin, dan sitokinin juga berperan bersama. Sebagian besar GA3 diaplikasikan untuk pembungaan dan pembuahan, bahkan aplikasi GA3 bisa untuk memajukan atau memundurkan periode bunga di luar musim, termasuk untuk membuat buah tanpa biji.
28 Jan 2018
Mohamad Khoirudin
Petani · Kabupaten Tulungagung
mantab...terima kasih informasinya...
25 Jan 2021
Ronald Htb, SP. (0813 8696 4410)
Penyuluh · Kota Administrasi Jakarta Pusat
Kembali Ke Organik. Pakai Novelgro Terra Novelgro Silika dan Novelgro Alpha yang dapat mengurangi penggunaan pupuk kimiau, melindungi tamanan dari serangan hama sehingga pemakaian pestisida dan fungisida dapat dikurangi. Manfaat Novelgro Terra dan Novelgro Silika. https://8villages.com/full/petani/article/id/589a8e023d0467237e776b5b
12 Feb 2021
Silahkan login untuk memberikan komentar