Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Tips Penggunaan Pestisida yang Tepat #3

Dalam membahas tentang tips mencampur pestisida yang baik dan benar, ada beberapa hal yang masih harus diperdalam. Beberapa di antaranya adalah formulasi bentuk pestisida, cara kerjanya dan termasuk golongan yang mana pestisida yang akan dicampur.

Pestisida berdasarkan formulasinya digolongkan menjadi dua bentuk, yaitu cair dan padat. Formulasi pestisida pada dibagi menjadi 8 jenis, yaitu Granule (G), Water Granule (WG), Wettable Powder (WP), Soluble Powder (SP), Soluble Granule (SG), Soluble Dust (SD), Seed Treatment (ST), dan Ready Mix Bait (RMB).

Sedangkan formulasi pestisida cair dibagi menjadi 6 jenis, yaitu Emulsible Concentrate (EC), Soluble Liquid (SL), Water Soluble Concentrate (WSC), Aqueous Solution (AS), Ultra Low Volume (ULV), dan Flowable in Water (FW).

Berdasarkan cara kerjanya, pestisida digolongkan dalam dua macam: sistemik dan kontak. Dalam mencampur pestisida, dua hal ini lah yang menjadi aspek penting untuk menjadi acuan.

Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, apabila ingin mencampur pestisida yang cara kerjanya sama, seperti pestisida kontak dengan kontak atau sistemik dengan sistemik. Hal ini bisa dikatakan sia-sia karena fungsinya yang sama.

Begitu juga dengan mencampur berdasarkan bentuk formulasinya. Dianjurkan untuk mencampur pestisida yang paling sulit larut terlebih dahulu. Urutannya bisa dimulai dengan mencampur pestisida dengan bentuk butiran (WDG, WP dll) lalu bisa dilanjutkan dengan yang berbentuk bubuk (WP, SD, SP) lalu terakhir dilanjutkan dengan yang berbentuk cair (EC, SL dll).

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya pula, sangat direkomendasikan untuk mencampur pestisida berdasarkan golongan yang tepat. Perhatikan tabel berikut.


Berikut beberapa jenis bahan aktif dibagi berdasarkan golongan pestisidanya.

a) Golongan Piretroid. Yang termasuk dalam golongan ini ialah pestisida berbahan aktif Bifenthrin, Cyfluthrin, Cypermethrin, Deltamethrin, Esfenvalerate, Tofenprox, Lambda Cyhalothrin, Pyrethrin, dan lain-lain.

b) Golongan Karbamat. Yang termasuk dalam golongan ini ialah pestisida berbahan aktif Aldicarb, Benfuracarb, Carbaryl, Carbofuran, Carbosulfan, Fenobucarb, Menthiocarb Methomyl, Oxamyl, Thiodicarb, Triazamate, dan lain-lain.

c) Golongan Organofosfat. Yang termasuk dalam golongan ini ialah pestisida berbahan aktif Acephate, Chlorpyrifos, Dimethoate, Diazinon, Malathion, Methamidophos, Monocrotophos, Parathion-methyl, Profenofos, Terbufos, dan lain-lain.

d) Golongan Neonikotinoid. Yang termasuk dalam golongan ini ialah pestisida berbahan aktif Acetamiprid, Dinotefuran, Imidakloprid, Thiakloprid, Thiametoxam, dan lain-lain.

e) Golongan Spinosin. Yang termasuk dalam golongan ini ialah pestisida berbahan aktif Spinetoram, Spinosad, dan lain-lain.

f) Golongan Pirazol. Yang termasuk dalam golongan ini ialah pestisida berbahan aktif Chlorfenapyr dan lain-lain.

g) Golongan Avermectins. Yang termasuk dalam golongan ini ialah pestisida berbahan aktif Emamectin Benzoate, Abamektin, Lepimectin, Milbemectin, dan lain-lain.

h) Golongan Fenilpirazol. Yang termasuk dalam golongan ini ialah pestisida berbahan aktif Ethiprole, Fipronil, dan lain-lain.

Setelah tercampur sempurna dalam satu larutan, bisa ditambahkan pupuk daun dan bahan perekat. Hal ini selain bisa menambah efektivitas pengaplikasian pestisida, juga dapat menghemat waktu dan tenaga.



Sumber:
http://belajartani.com/3-prinsip-dalam-mencampur-m...
http://pestisida.id/simpes_app/index.php
http://www.kelair.bppt.go.id/sib3pop/Iptek/Pemanta...

Kategori
               

Tedi dahyana
Petani · Kabupaten Ciamis
Terima kasih artikelnya, pasti bermanfaat untuk para petani.
14 Sep 2017
Nur Annisa
Petani · Kabupaten Magelang
sipp min kerennn informasi nya
15 Sep 2017
Fatonah aziz
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Sistemik itu isextisida ato fungisida
15 Sep 2017
Fatonah aziz
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Sistemik itu fungi ato insex
15 Sep 2017
Tedi dahyana
Petani · Kabupaten Ciamis
sistemik itu cara kerja dari pestisida, ada fungisida kontak ada fungisida sistemik, begitu juga insek...
15 Sep 2017
Emrizal
Petani · Kabupaten Agam
nyimak
16 Sep 2017
Sutomosadewo
Petani · Kabupaten Bojonegoro
mantap matoh
30 Sep 2017
Faishalhusna A. H.
Petani · Kabupaten Magelang
Pada prinsipnya, pestisida (kimia) adalah racun. Maka dari itu mari kita pergunakan dengan bijak demi kesehatan konsumen dan kelestarian alam. Nice share.
01 Oct 2017
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Sangat menarik dan bermanfaat. Makasih.
21 Jan 2018
Silahkan login untuk memberikan komentar