Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

RegoPantes: Inisiatif untuk Petani Lebih Sejahtera

Sudah 72 tahun Indonesia merdeka, tapi nasib petani masih sama.

Petani masih berada pada golongan terendah di tatanan ekonomi Indonesia. Mayoritas dari petani hanya menerima sedikit uang untuk bisa masuk ke dalam saku. Hasil panen mereka hanya cukup untuk membayar hutang di awal masa tanam, dan kebutuhan sehari-hari.

Pada akhirnya, analogi paling tepat untuk menggambarkan keadaan petani adalah sebuah piramida, dan petani ada di dasarnya. Selain karena petani merupakan profesi berpenghasilan sangat rendah, petani juga merupakan produsen penyedia kebutuhan pangan negara. Tanpa mereka, kita tidak akan makan apa-apa. Sebegitu ketergantungannya lah kita pada petani, sebenarnya.

Tapi tetap saja, petani masih belum sejahtera.

RegoPantes adalah inisiatif yang berkeinginan untuk mengangkat petani ke golongan yang lebih tinggi. Selain puluhan risiko gagal panen yang dihadapi petani, harga jual petani juga menjadi isu terbesar.

Kenyataannya di lapangan, hasil panen petani dibayar kecil oleh tengkulak. Petani dipermainkan dan terikat rantai tata niaga, dan ditinggalkan dengan ketiadaan pilihan. Mau tak mau, mereka harus mau menjual jerih payah berbulan-bulan dengan murah.

RegoPantes adalah e-commerce produk pertanian. Di RegoPantes petani bisa menjual langsung hasil panennya ke konsumen dengan harga yang lebih tinggi dari biasanya.

Melalui RegoPantes, petani dapat menjual hasil panennya secara online langsung ke konsumen dengan harga pantas. Konsumen juga dapat membeli kebutuhan sehari-harinya secara online, juga dengan harga pantas.

Harga pantas ini diakurasi oleh sistem RegoPantes dengan membandingkan harga jual petani ke tengkulak dan harga akhir konsumen membeli di pasar, lalu mengambil keseimbangan barunya. Harga keseimbangan baru ini yang disebut harga pantas. Petani bisa menjual dengan harga lebih tinggi, konsumen bisa membeli produk segar dan membantu petani.

Dengan demikian, RegoPantes merupakan alat atau alternatif cara petani untuk menjual produknya dengan harga yang lebih pantas. Harapannya, pendapatan petani bertambah, begitu pula dengan kesejahteraannya.

Harga pantas yang dibayarkan konsumen juga terhitung lebih murah, karena langsung diantarkan ke alamat rumah. Terkadang konsumen mendapatkan akses harga yg lebih rendah namun tanpa mereka sadari, harga di tingkat petani juga makin jatuh.

RegoPantes memastikan tiap harga pantas yang dibayarkan konsumen, petani juga mendapatkan harga pantasnya.

Itu sebabnya, para konsumen yang membeli di RegoPantes adalah orang-orang yang berjasa besar membantu petani kita untuk lebih sejahtera. #MembeliItuMembantu

Kategori
               

eka sudarto
Petani · Kabupaten Jember
hasil pertanian apa aja...semoga bisa sampai ke jember
23 Sep 2017
Daryan jenal aripin
Petani · Kabupaten Tasikmalaya
semoga sampai di tasikmalaya jabar bos
23 Sep 2017
Ripaturiani
Petani · Kabupaten Kampar
semoga juga sampai k riau. kab kampar...
24 Sep 2017
Brickbreaker
Petani · Kabupaten Malang
semoga cepat menyebar ke pelosok negeri.. bosan memberi modal tengkulak..
24 Sep 2017
Ade S
Petani · Kabupaten Karanganyar
ya..harapan/impian itu semoga me
24 Sep 2017
Ade S
Petani · Kabupaten Karanganyar
semoga impian petani hrga pantas itu menjadi kenyataan sehingga capek petani ini dihargai dpt meningkat pendapatan..
24 Sep 2017
Tedi dahyana
Petani · Kabupaten Ciamis
Mudah mudahan lebih pantas...!
24 Sep 2017
Icha 20
Petani · Kabupaten Batang
kerennn
26 Sep 2017
Faishalhusna A. H.
Petani · Kabupaten Magelang
Terima kasih atas kepercayaannya telah menggandeng Sekarlangit Organik untuk menjadi pemasok beras organik. Kami berharap petani di Kabupaten Magelang, khususnya Gapoktan Organik Sekarlangit Kecamatan Grabag dapat lebih maju. Sekarlangit Agrofarm Grabag - Magelang - Jawa Tengah 085742139140 [email protected] http://sekarlangit.co.id
29 Sep 2017
mz addani 212
Pedagang · Kabupaten Magelang
smg menyejahterakan pedagang juga
04 Oct 2017
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Juuoosss ... regopantes.com memang sahabat petani.
21 Jan 2018
Silahkan login untuk memberikan komentar