Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Pentingnya Vaksin Pada Ternak Unggas

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah ini benar adanya, baik untuk manusia begitu pula dengan hewan ternak.

Tahukah Anda bahwa vaksinasi juga dibutuhkan untuk hewan ternak yang Anda budi dayakan?

Tidak hanya manusia, ternyata hewan juga sebaiknya divaksin untuk mencegah dan mengatasi penyakit yang mungkin akan menyerangnya. Penyakit pada hewan ternak pasti menjadi masalah yang cukup memusingkan bagi para peternak.

Selain karena menurunnya tingkat produksi yang berimbas pada menurunnya tingkat pendapatan, hewan ternak yang sakit juga dapat menularkan penyakitnya kepada manusia yang mengonsumsinya dan lingkungan sekitarnya.

Selain harus menjaga kebersihan kandang, kebersihan hewan ternak, pakan yang sesuai untuk hewan ternak, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah pemberian vaksin yang sesuai dengan jenis hewan ternak.

Vaksinasi adalah pemberian antigen pada ternak untuk merangsang sistem kekebalan sehingga menghasilkan antibody khusus terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan protozoa.

Pemberian vaksin pada hewan ternak berfungsi:

  • Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh unggas agar tidak mudah terserang penyakit.
  • Untuk mencegah penyebaran penyakit pada unggas.

Pemberian vaksin pada hewan ternak juga memiliki beberapa keuntungan, seperti:

  • Peternak dapat menekan biaya, karena pemberian vaksin pada awal beternak lebih baik daripada mengobati hewan ternak yang sakit.
  • Kesehatan unggas meningkat dan tidak menutup kemungkinan produksinya juga meningkat.

Berdasarkan jenis antigennya, vaksin untuk unggas ada tiga jenis yaitu:

Vaksin Protozoa

Digunakan untuk menyembuhkan penyakit pada protozoa. Salah satu contoh vaksin protozoa adalah vaksin coryza. Untuk mencegah timbulnya wabah Snot atau Coryza. Vaksin diberikan dengan injeksi pada dada atau paha.

Vaksin Viral

Banyak dikembangkan karena vaksin viral ini menyembuhkan penyakit yang disebabkan virus. Contoh vaksin viral adalah Vaksin ND, Vaksin Gumboro dan Vaksin Al. Vaksin ini mencegah timbulnya penyakit Newcastle Disease dan mencegah flu burung. Pemberian vaksin bisa melalui injeksi pada otot dada dan dicampur pada air minum.

Vaksin Bakterial

Merupakan vaksin yang mengandung antigen dari bakteri.

Contohnya adalah Vaksin Mareks untuk mencegah penyakit Mareks diberikan pada DOC dengan cara injeksi di bawah leher dan Vaksin ILT untuk membentuk kekebalan tubuh ayam terhadap terjadinya infeksi pada laringotracheal diberikan dengan tetes mata, tetes hidung dan pemberian pada air minum.

Jenis vaksin juga dibedakan berdasarkan jumlah antigen, yaitu:

Vaksin Tunggal

Terdiri dari satu jenis antigen. Contohnya adalah vaksin ND. Tujuan vaksin ND adalah untuk mencegah timbulnya penyakit Newcastle Disease pada unggas.

Vaksin ini diberikan dengan tiga cara yaitu pemberian tetes mata, metode injeksi subcutan dan injeksi intramuskuler pada dada.

Vaksin Kombinasi

Terdiri dua atau lebih antigen yang dikhususkan untuk mencegah kedua jenis penyakit pada unggas tersebut.

Pemberian vaksin sebaiknya dilakukan dengan dokter hewan atau orang yang ahli dalam bidangnya.


Referensi:

Ilmuhewan.com

Plengdut.com

Kategori
                       

Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Mantabs .... sangat bermanfaat bagi peternak maupun petani yang memiliki unggas.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
mantaaap, jadi bekal utk para petani yg ingin ternak ayam.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
rasanya mantap ya, pak dody jika di atas ternak ayam pedaging dan di bawah tanam padi atau kolam yg nantinya air mengalir ke lahan sawah (seperti pak addit) jadi akhirnya bisa utk pupuk alami tanpa proses, betul tidak pak dody.
05 Apr 2018
Defi Andriyani
Penyuluh · Kabupaten Magelang
iyaa bisa sekali pak Asep.. ternak, ikan, terus tanaman sayuran atau tanaman lainnya.. lengkap deh
05 Apr 2018
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Bisa Pak Asep, terutama kalau pakan ayamnya dari produk organik. Kemarin saya ke petani organik, dia juga mengembangkan peternakan ayam pedaging secara organik, umur 20 hari bobot ayam sekitar 1,5 kg-an dan umur 70 hari bobotnya sekitar 4,0 kg-an. Bila dikonsepkan di bawah kandang ayam digunakan untuk kolam ikan ataupun airnya dialirkan ke sawah, maka limbah ayam dan sisa pakan tidak akan menjadi masalah bagi ikan atau tanaman.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
mantap bu defi, Insya Allah adik ipar yg di lampung mau/kalo boleh pindah ke karawang. dia ngajak ternak ayam pedaging. mudah2an jadi bu defi, minimal saya lihat dan bantu dia, memang rencana dia bangun kandang ayam di atas sawahnya.
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
kereeen LISA,,,,bener2 Layanan Informasi Desa,,,skrg Lisa bu Defy, hehehe...
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
punya babon 2 ayam kampung,,,klo bertelur ya langsung goreng, so ga usah ngurus anak ayam, itung2 pemenuhan gizi kluarga
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
iya pak dody do'anya, moga permintaan mutasi dia dari dinas peternakan lampung ke karawang di setujui. dia dah ngajak saya utk beternak ayam pedaging, jadi saya bisa belajar dan nimba ilmu dari dia. utk awal lihat2 dan bantu dia aja dulu.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
mantap pak hasan. telur goreng kecap, favorit saya. apa lagi kalo makannya di sawah. wooow enak benaaar
05 Apr 2018
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Kalau makan di sawah, kebun, atau di lapangan selalu nikmat Pak, karena sekaligus bisa lebih mensyukuri nikmat dan karunia Allah yang diberikan kepada hambaNya.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
betul yg di bilang pak dody, apa lagi kondisi agak lapar dan agak capek. mantap.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
dan waktunya jam makan.
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
ada petani yg ternak ayam pedaging organik itu imana p Dody
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
p Dody, pAsep, yg pasti saat disawah dg makanan yg dirmh ga begitu suka,,,di sawah ttp bisa terlahab habis,,,pengalamn sehari2 n pribadi, hahaha...
05 Apr 2018
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Di Sleman Pak, kebetulan masih saudara dengan saya.
05 Apr 2018
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Kalau dulu saat tugas di kebun teh, saat istirahat suka ditawari gabung makan sama pemetik teh, menunya nasi jagung sambel "gereh asin" ... Maknyuusss ...
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
cocok pak hasan ... hehehe
05 Apr 2018
Defi Andriyani
Penyuluh · Kabupaten Magelang
Aamiin semoga segera terlaksana ya Pak Asep.. nah ini baru benar pak Hasan.. LISA hehe
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
Sleman...blm brani janji u datang kesana walau keinginan ada, p Dody,,,
05 Apr 2018
Harun al rasyd
Petani · Kabupaten Lebak
mantap inpormasiya. di kampung saya ada yang ternak ayam pada gagal semuah..??
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
jadi ingat kenangan lama pak dody, saat masih sekolah sma kunjungan sekeluarga ke kakek dari pihak ibu di cipanas - cianjur. di tengah jalan suka berhenti di puncak kebun teh gunung mas, suasana puncak yg sejuk kami makan bareng, 9 bersaudara saat itu blm ada yg nikah. wajar kekompakan berkurang karna masing2 sudah berkeluarga
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
terimakasih bu defi, harapan saya begitu. alasan minta mutasi karna sudah puluhan tahun di rantau dan dia ingin dekat dgn orang tua /ibunya di masa tua. tdk ingin kejadian saat seperti almarhum orang tua/bapak, saat kritis di operasi tdk di sampingnya. itu alasan dia ingin mutasi.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
betul pak harun, ternak ayam pedaging harus jeli dan teliti kalo tdk peternakan ayam pendaging tdk berlanjut, seperti pengalaman almarhum kakek saya. hehehehe. maaf kek ... ini sedang study banding, bukan membuka aib gagal dlm beternak ayam. saya harus kirim fatihah nih pak harun ...
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
buat kakek saya ...
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
hahaha,,, p Asep bawa2 kakeknya segala
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
utk sekarang Insya Allah tdk seperti yg di alami kakek saya pak harun, karna saya percaya keilmuannya, sebab dia tinggal di lampungpun karna terikat kerjasama dr. hewan negeri dari perwakilan indonesia dgn FAO - Perserikatan bangsa bangsa dlm penanganan flu burung dan penyakit lainnya yg menyerang ayam pedaging. dan utk saya pun lihat2 dulu dia, kalo memang prospek cerah dan jauh dari kerugian/bangkrut, baru saya ikuti jejak dia.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
iya pak hasan, orang dah ninggal, aib bangkrut ternak ayamnya di sebut sebut.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
hehehehe
05 Apr 2018
Dody Kastono
Dosen · Kabupaten Sleman
Pengalaman adalah guru yang baik, sehingga ke depan harus bisa lebih baik dan bermanfaat bagi banyak pihak.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
memang yg nyaman sih bertani padi yah, pak hasan. jauh dari bangkrut (kalo gagal panen pun modal dasar/lahan masih utuh), jauh dari nyakitin/jelekin orang (sendirian aja paling ama pekerja sawah yg sibuk kerja, dan jauh dari pergaulan negatif & godaan perempuan utk poligami (orang kegiatan di sawah yg ada hewan2 sawah) eh ... serangga nya dah jinak pak hasan, setiap hari jam 14 : 00 dia selalu nangkring dekat padi belabng (putri no ong) nih fotonya, asli bukan rekayasa atau editan. di suruh naik ke jari dia mau. hehehe .... di sawah temennya kupu-kupu pak hasan.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
betul pak dody, setuju sekali.
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
kata aa gym, jangan sampai tertipu efektif. dan saya pernah alami itu pak dody. tertipu efektif sampai mengalami kebangkrutan usaha. maklum saat itu masih muda. sekarang dah tua jgn terjadi lagi.
05 Apr 2018
Harun al rasyd
Petani · Kabupaten Lebak
mantap bapak2..hahaha.
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
blm tidur ya p Asep, p Harun,,,,klo di tmpt anda berdua br jam 23 ya
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
lha kok jadi nyampe ke poligami segala hahaha...poligami ama sawah ga masalah,,,punya sawah sana sini kan Alkhamdulillah...
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
blm pak, hasan. di tempat saya jam 23'55 dah malam ya?
05 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
amin YRA. iya saya comment jadi ngelantur hehehehe
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
oiya msh sama2 WIB kok ya
05 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
hahahaha...efek malam blm tidur
06 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
betul pak hasan, ijin istirahat dulu pak hasan
06 Apr 2018
Hasan
Petani · Kabupaten Magelang
monggo...slmt istrahat
06 Apr 2018
Asep Irwan 0858
Petani · Kabupaten Karawang
sama sama,pak hasan
06 Apr 2018
Lanma sumihar pohan
Petani · Kabupaten Tapanuli Selatan
mantaf
06 Apr 2018
Harun al rasyd
Petani · Kabupaten Lebak
saya mah siang malem juga bisa paling ngga balas lagi sibuk wkwkwkwk..
06 Apr 2018
Ronald Htb, SP. (0813 8696 4410)
Penyuluh · Kota Administrasi Jakarta Pusat
sama seperti tanaman, berikan kekebalan terhadap tanaman agar lebih tahan terhadap serangan hama
24 Apr 2018
Silahkan login untuk memberikan komentar