Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Pupuk Kompos dari Limbah Kertas

Kertas biasanya hanya akan menjadi limbah setelah tidak digunakan lagi. Kini, oleh masyarakat modern, limbah kertas tersebut banyak yang didaur ulang menjadi sesuatu yang bernilai seni dan ekonomi tinggi.

Proses daur ulang atau recycle dapat menjadi upaya penanggulangan limbah sehingga limbah dapat digunakan kembali untuk keperluan manusia serta juga mencegah pencemaran lingkungan hidup.

Masyarakat dunia berhasil mengubah limbah kertas menjadi sesuatu yang lebih berguna untuk lingkungan, salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi pupuk tanaman.

Limbah padat dari industri kertas memiliki potensi sebagai pupuk tanaman dan sebagai media tanaman jamur merang. Menurut hasil penelitian dan uji coba yang pernah dilakukan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Selulosa (BBS) Bandung, limbah kertas yang sudah diolah menjadi pupuk ini mengandung karbon organik sebesar 3,97%, nitrogen 16,5%, fosfor 3,75%, dan kalium 2,99%.

Limbah kertas yang akan dijadikan pupuk kompos perlu melewati beberapa tahapan pengolahan terlebih dahulu, berikut ini adalah tahap-tahap pengolahannya.

  1. Limbah kertas dipotong-potong sehinggga menjadi kepingan kertas berukuran kecil. Pastikan tidak ada bagian kertas yang dicetak mengkilap. Lapisan plastik yang terkandung pada lapisan mengilap mengandung racun.
  2. Campurkan kertas yang sudah dipotong tersebut dengan bahan organik lainnya seperti kotoran ayam, kambing, sapi, dedak, sekam ataupun arang
  3. Siapkan wadah penampungan sebagai media pembuatan pupuk
  4. Aduk bahan-bahan tersebut menggunakan sekop hingga tercampur merata
  5. Tambahkan sedikit air ke dalam campuran tersebut, penggunaan air tidaklah banyak, hanya sekedar untuk melembabkan campuran
  6. Selain itu, perlu ditambahkan aktivator hayati seperti Trichoderma pseudokoningii dan bakteri Cytophaga untuk mempercepat proses pengomposan
  7. Diamkan selama kurang lebih dua minggu, agar mengalami proses pembusukan
  8. Jika sudah membusuk, kompos siap digunakan

Limbah kertas biasanya memerlukan waktu pengomposan yang lebih panjang. Oleh karena itu, dalam pembuatan pupuk kompos dari bahan limbah kertas perlu ditambahkan bahan organik lain sebagai bahan untuk meningkatkan porositas tumpukan limbah padat pada proses pengomposannya.

Dari hasil analisa, pupuk bahan kertas ini dapat digunakan sebagai campuran pada media tanam terutama pada tanaman perkebunan. Hasil lain menunjukkan bahwa pengaruh limbah kertas berpengaruh nyata terhadap jumlah umbi, berat segar umbi dan berat kering umbi pada tanaman bawang merah.

Selain digunakan pada tanaman bawah merah, pupuk yang berasal dari limbah padat kertas ini juga direkomendasikan sebagai campuran media tanam pada tanaman kehutanan dengan menambahkan bahan organik seperti pupuk kandang.

Sementara itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan berkelanjutan, sebaiknya pembuatan pupuk kompos dilakukan secara periodik. Yang menjadi kunci dari proses di atas adalah konsistensi terhadap proses, mengingat hal utama dalam pengolahan kompos adalah ketelatenan.


Referensi:

farming.id

kabartani.com

forda-mof.org

rumahmesin.com

bulelengkab.go.id


Kategori
               

Bayu R. Idris
21 Nov 2018
terima kasih atas sharing ya..
Muhammad Izzy
21 Nov 2018
harus dicoba ini
Defi Andriyani
21 Nov 2018
saya dari dulu penasaran apakah kertas bisa dijadika pupuk.. oh ternyataa ini penjelasannya.. thankyou Lisa.. semakin menggali informasi2 unik yang beluk banyak kami tahu.. good job
Syatibi
21 Nov 2018
siiip tambah ilmu lagi
sumanto
21 Nov 2018
siip lisa,tambah ilmu dan semangst untuk berkebun
Agus Suwanto
22 Nov 2018
inovasi artikel lisa mantab, kertas bisa jadi pupuk
Pande ananda putra
22 Nov 2018
sangat bermanfaat, akan tetapi ada satu pertanyaan. kertas yg terdapat tinta bekas tulisan apabila dilakukan pengomposan dan di aplikasikan pada suatu tanaman bila tanaman kelak di konsumsi apakah memiliki efek yang berbahaya atau tidak? tks
Defi Andriyani
22 Nov 2018
setahu saya untuk kertas yang bertinta ada suatu bahan sendiri untuk menghancurkannya... bahan tsb ada suatu kandungan mikroorganisme
Ronaldo Arief DP
23 Nov 2018
🤔 tetap berhitung cost untuk bahan tenaga dan waktunya apakah sesuai dan lebih ringan dengan beli jadi
Dody Kastono
23 Nov 2018
Ssiiippp ... bermanfaat dan inspiratif.
Defi Andriyani
23 Nov 2018
kalo untuk sampingan sambil nunggu waktu.. saya kira tidak masalah pak Ronald heheh
Dody Kastono
27 Nov 2018
Segala sesuatu pasti ada konsekuensinya, termasuk dalam hal waktu, biaya, tenaga, alat, dan cara. Paling tidak artikel ini menunjukkan adanya peluang yang baik bahwa limbah kertas memungkinkan dijadikan bahan pembuatan pupuk untuk membantu mengelola sampah limbah.
Sumarjono
29 Nov 2018
Bagus juga untuk memanfaatkan limbah kertas
Rohmad Sholikin
01 Dec 2018
Drpd dijual kiloan, mending diolah sndri jd pupuk nie...👍👍
Sugiyono
04 Dec 2018
ajiiiiib
Syatibi
04 Dec 2018
semuanya harus di coba jangan baca saja
Fitri j
07 Dec 2018
bisa untuk media tanaman hias nih.. makasih infonya
Silahkan login untuk memberikan komentar atau SMS dengan mengetik PETANI(spasi)*118129(spasi)(KOMENTAR) kirim ke 2000 (telkomsel, xl dan indosat) atau ke 081802002580 (operator lain)