Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Mengendalikan Rontok pada Tanaman Cabai

Petani cabai pasti akan bingung dan panik ketika melihat tanaman cabai yang sudah dibudidayakannya banyak yang mengalami kerontokan, terutama pada bagian bunga dan buah. Peristiwa rontoknya buah cabai sebelum panen baik dalam frekuensi sedikit ataupun banyak, tentu saja akan sangat mengkhawatirkan.

Kerontokan bunga dan buah cabai dapat terjadi baik pada saat peralihan dari reproduktif bunga menuju buah, pada saat buahnya "pentil", atau pada saat buah cabai tersebut sudah dewasa dan siap dipanen.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tanaman cabai mengalami kerontokan (buahnya berguguran sebelum dipanen), berikut penjelasannya.

Tanaman cabai kekurangan unsur hara

Unsur hara makro seperti Kalsium (K), Nitrogen (N), Ca (kalsium), Magnesium (Mg) dan Phospor (P) sangat penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai.

Ca dan K digunakan oleh tanaman untuk membantu merangsang pembentukan organ tanaman baik itu akar, batang, daun, dan buah. Unsur Mg sangat penting sebagai komponen enzimatis dan perombakan beberapa kegiatan anabolisme saat tanaman melakukan fotosintesis. Serta unsur Nitrogen dan Phospor yang digunakan untuk membantu mencegah supaya tanaman tidak mengalami kerontokan, nekrosis, dan klorosis.

Jika tanaman cabai kekurangan (mengalami defisiensi) kelima unsur hara penting tersebut, maka salah satu gejalanya adalah tanaman cabai, baik pada organ daun, bunga, dan buahnya seringkali mengalami kerontokan secara massal (besar-besaran).

Cabai ditanam di dekat tanaman yang terinfeksi virus/penyakit tanaman

Beberapa jenis virus yang sering menyerang tanaman cabai adalah virus kuning, virus gemini, dan beberapa virus lain seperti CMV (Cucumber Mosaic Viruses) juga turut berperan dalam memicu buah cabai mengalami kerusakan dan kerontokan.

Selain itu, lalat buah juga bisa menjadi parasit pada buah cabai dan seringkali menjadikan buah cabai yang telah matang terinfeksi olehnya, akibatnya buah menjadi busuk dan kemudian rontok.

Tanaman cabai kelebihan air

Perlu diketahui bahwa, tanaman cabai hanya membutuhkan kondisi lahan dengan kelembaban yang cukup, artinya jumlah airnya tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Banyaknya air yang terkandung di dalam tanah dapat memicu tanaman mengalami hidrasi (kelebihan air).

Tanaman cabai kekurangan air

Pada kondisi yang kritis (kekurangan cairan) tanaman cabai akan mudah mengalami stres, sehingga pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi terhambat. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu akan berdampak pada kegagalan panen karena buah cabai menjadi kurang sehat dan mudah terserang penyakit.

Curah hujan yang tinggi

Tangkai buah cabai sangat sensitif dengan curah hujan yang tinggi. Jika cahaya kurang dan jumlah air berlebih pada tanaman, maka tangkai buah cabai yang sudah tua akan mudah membusuk.

Untuk mencegah kerontokan bunga dan buah tersebut terjadi, maka ada beberapa hal yang perlu diterapkan ketika melakukan pemeliharaan tanaman cabai. Berikut diantaranya:

  • Sebisa mungkin menghindari penanaman cabai yang berdekatan dengan tanaman palawija. Ini karena tanaman palawija biasanya rentan terhadap serangan hama dan penyakit.
  • Menghindari penyiraman tanaman/penggenangan lahan secara berlebih. Intensitas air di dalam tanah yang berlebih tidak bagus untuk tanaman cabai, selain membuat akar berpeluang untuk rusak/sel-selnya mati, juga akan mempengaruhi dalam proses penentuan buahnya.
  • Memberikan pupuk dasar berupa pupuk kandang atau pupuk kompos pada tanaman cabai yang baru ditanam. Selanjutnya dapat diberikan pupuk tambahan yang berbahan dasar Mg, Ca, N, P dan K untuk mencegah daun, bunga dan buah cabai mengalami kerontokan massal yang membahayakan bagi tanaman.
  • Memastikan bahwa tanaman cabai mendapat cahaya matahari sepanjang hari. Cahaya matahari penting untuk fotosintesis tanaman cabai
  • Melakukan pengontrolan dan pencegahan terhadap populasi OPT. Penangan buah cabai yang terkena serangan hama, penyakit atau virus dapat menggunakan pestisida hayati atau pembuangan buah yang terserang dari pohonnya.


Referensi:

tipspetani.com

ukmkreatif.com

belajartani.com

mengatasirontokbungapadacabai.wordpress.com

Kategori
                   

Riyanto
18 Dec 2018
apa obat nya.
Defi Andriyani
18 Dec 2018
penyebabnya karna apa dulu pak Riyanto? baru dilihat cara penanganannya
Agus priyanto
18 Dec 2018
pak riyanto,tanamannya apa,kalau ada difoto nanti bisa menganalisa atau memberi saran petunjuk
Riyanto
18 Dec 2018
tanaman cabai umur 35hari daun rontok batang mengering
Saiful anam
18 Dec 2018
bagaimna cara mengatasi lalat buah. buah cabai terdapat bintik hitam, kemudian membusuk.
Syatibi
18 Dec 2018
siiiiip lisa informasinya
Syatibi
18 Dec 2018
Apakah POC dari air leri, Sari buah-buahan buahan,air kelepa, itu mengandung unsur mg,n,k dan p mohon penjelasannya
Akhmad chamdani
18 Dec 2018
terimakasih... artikel ini sangat membantu. mohon di tambah dosis pemupukan
Defi Andriyani
19 Dec 2018
pak Syatibi, air leri mengandung banyak unsur hara seperti Nitrogen (N), Phosphor (P), Kalium (K), Besi (fe), Boron (B), Vitamin B, Vitamin K , Protein
Defi Andriyani
19 Dec 2018
pak Syaiful.. jika kondisi buah cabainya sudah terserang akan susah disembuhkan pak,, tapi yang bisa diusahakan adalah dengan mencegah agar lalat buah tidak menyerang pada buah yang masih sehat
Defi Andriyani
19 Dec 2018
usaha yang bisa dilakukan.. sudah pernah dijelaskan pada link artikel berikut pak, silakan jika mau dibaca2 http://8villages.com/full/petani/article/id/5a1bf0b8b62e5cf65e90ad53
Defi Andriyani
19 Dec 2018
bisa juga dikendalikan menggunakan oerangkap buah pisang matang, seperti pada link berikut http://8villages.com/full/petani/article/id/5b30d340e66c0bf97965e64f
Agus priyanto
19 Dec 2018
bikin perangkap lalat buah pakai botol bekas air minum Aqua,dindingnya dilapisi kertas atau dicat warna kuning,trs ditutup plastik diberi lem perangkap,praktis kalau lemnya dah agak kering tinggal lepas ganti plastik,di taruh tiap sudut atau pojok,tengah 3-5m dr areal tanaman
Agus priyanto
19 Dec 2018
dijamin ada lalat buah yg terperangkap,saya juga praktekan
Saiful anam
19 Dec 2018
terimakasih.
Defi Andriyani
19 Dec 2018
yaap pak Agus benar.. menggunakan perangkap yellow trap yaa ituu
Dody Kastono
19 Dec 2018
Menarik dan bermanfaat informasinya.
Gatoet triyogo
19 Dec 2018
Terima kasih infonya. Bisa menambah pengetahuan kami
Walang kekek
19 Dec 2018
rempel bunga cabai merah kriting menurut aturan sampai bunga yang keberapa ya ?
Agus priyanto
20 Dec 2018
tempel. bunga atau cabang dahan mas,biasanya yg ditempel cabang dahan bukan bunga,bunga akan menjadi buah,tks
Agus priyanto
20 Dec 2018
maksudnya rempel,maaf
Dody Kastono
20 Dec 2018
Biasanya perempelan atau pewiwilan tunas air dilakukan sesegera mungkin sebelum batang membentuk percabangan utama (bentuk huruf Y). Hal ini dimaksudkan untuk membentuk percabangan tajuk yang baik, sehingga sirkulasi udara dapat berlangsung baik dan distribusi cahaya dapat merata, serta mengurangi kompetisi antar bagian tanaman.
M faizin
20 Dec 2018
mohon pencerahan,yng ingin kami tanyakan 1 ini apakah sudah terserang virus, 2 kenapa kog pada rontok bunga dan bakal buahnya apakah efek dari serangan virus atau kekurangan, ungsur hara, riwayat pemupukan pudas kompos dan npk ,kocoran npk 16 16 16 apakah masih ada harapan untuk bisa berbuah trims pencerahan nya,
Ronaldo Arief DP
21 Dec 2018
rontok bunga silahkan beri asupan Mikro Boron sedang bunga buah daun dengan unsur Ca, alangkah baiknya keduanya diberikan sejak awal tanam gan
Ronaldo Arief DP
21 Dec 2018
untuk pembungaan silahkan dirangsang dengan hormon ZPT, bisa memacu vase pembungaan pada tanaman
Ronaldo Arief DP
21 Dec 2018
untuk bakal buah yg telah muncul silahkan gunakan peran dari Kalium, ada kalanya petikan cabai 1 - 2, banyak cabai yg tidak terisi sempurna, silahkan tandem Kalium dan Calsium, semoga bermanfaat โ˜•
Sudiro
21 Dec 2018
minta masukan nya ni buat para petani yang biasa menyemai buah petai biar hasilnya memuaskan, terima kasih sebelumnya.
Dody Kastono
21 Dec 2018
Pada pengembangan petai, perbenihan merupakan langkah awal yang menentukan tingkat keberhasilan budidaya. Benih merupakan input awal yang sangat menentukan produktifitas dan kualitas hasil buah yang akan dipanen, sehingga ketersediaan benih dan ketepatan varietas (True to type) menjadi hal yang sangat penting. Ketepatan varietas berkaitan dengan identifikasi tanaman sebelum dilakukan perbanyakan dan penyediaan benih petai.
Dody Kastono
21 Dec 2018
Tanaman petai mempunyai sistem penyerbukan terbuka, sehingga terdapat peluang adanya keragaman varietas petai. Pada perbanyakan benih petai ditentukan oleh tujuan penggunaannya. Benih petai dari biji (secara generatif) dapat digunakan untuk tujuan konservasi lahan, sehingga ketepatan varietas bukan menjadi hal utama pada perbanyakan benihnya. Perbanyakan benih secara generatif relatif lebih cepat dibandingkan dengan perbanyakan benih secara vegetatif. Perbanyakan benih petai untuk tujuan budidaya komersial digunakan perbanyakan benih secara vegetatif (grafting atau okulasi). Hal tersebut karena pada budidaya komersial petai, mutlak diperlukan ketepatan varietas yang akan dibudidayakan.
Dody Kastono
21 Dec 2018
TEKNIK PRODUKSI BENIH SEBAR DARI BIJI (GENERATIF): a. Penyediaan media persemaian/media tanam Pada perbanyakan benih sebar ini media persemaian sekaligus merupakan media penanaman. Penyemaian/penanaman dilakukan langsung pada polibag dengan media tanah dan pupuk kandang (1:1). Persyaratan - Tanah yang digunakan merupakan tanah top soil - Polibag yang digunakan berukuran 20x30 cm. - Pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang masak dengan ciri-ciri : warna hitam, tidak berbau menyengat, kondisi pupuk kandang kering sampai lembab (tidak basah).
Dody Kastono
21 Dec 2018
Prosedur kerja - Tanah dan pupuk kandang diaduk rata dengan perbandingan 1 : 1. - Polibag-polibag diisi dengan media yang telah diaduk. - Polibag yang telah diisi media disusun di tempat pembimbitan dan lokasi pembibitan harus terkena sinar matahari. - Media disiram air, media diusahakan dalam keadaan lembab. - Media siap digunakan.
Dody Kastono
21 Dec 2018
b. Pemilihan biji petai (calon benih sebar) - Pemilihan biji petai menjadi biji petai terseleksi didasarkan pada keunggulan sifat utama petai, seperti: panjang papan, jumlah biji per papan, dan bobot biji. c. Prosesing dan penanaman biji - Biji petai terseleksi dikupas, dicuci dengan air yang mengalir, kemudian direndam dalam larutan fungisida dengan dosis 2-3 g/ liter air selama 5-10 menit. - Setelah biji direndam dalam larutan fungisida, selanjutnya ditanam pada media tanah : pupuk kandang (1 : 1). - Penyiraman dilakukan secara merata dan teratur, dan disesuikan dengan kondisi kelembaban media. - Pada kondisi optimal, benih akan tumbuh 14 hari setelah tanam.
Dody Kastono
21 Dec 2018
d. Pemeliharaan - Polibag-polibag berisi benih disusun di bawah naungan paranet 55% dan dilakukan penyiraman sampai cukup - Penyiraman dilakukan tiap 2 hari sekali, apabila tidak ada hujan. - Pengendalian gulma dilakukan dengan mencabut secara manual. - Pengendalian jamur/cendawan dengan cara menyemprot dengan fungisida minimal 1 bulan sekali. - Pengendalian semut, serangga, ulat dan belalang dengan cara menyemprot insektisida dosis 2-3 cc/ liter air. - Setelah umur tiga-empat bulan benih siap ditanam sebagai benih sebar.
Dody Kastono
21 Dec 2018
SISTEM PENGENDALIAN MUTU Pada perbanyakan benih secara generatif/dengan biji, meskipun ketepatan varietas bukan menjadi hal mutlak, namun pemilihan biji berkualitas dapat ditentukan dengan mengamati karakter unggul petai. Karakter unggul biji petai diantaranya panjang papan, jumlah biji dalam satu papan, dan bobot biji. Pemilihan populasi biji calon benih petai (populasi terseleksi) ditentukan dari rerata kemiripan sifat unggul biji-biji petai tersebut. Pemeliharaan standar produksi benih diterapkan untuk menjamin pertumbuhan benih yang optimal.
M faizin
22 Dec 2018
trims pencerahannya
Appil
22 Dec 2018
Makasi imfonya para master,, sangant membantu
Andri Roag Anwar
26 Dec 2018
Terimakasih. sangat Mencegahkan. saya jadi tahu bagaimana cara mengendalikan gugur bunga dan hitam nya tanaman cabe. ๐Ÿ™๐Ÿ™
Defi Andriyani
26 Dec 2018
siip pak Andri, Alhamdulillah... semangat berbagi ceritaa yaa nantiii
Ibnu khaldun
28 Dec 2018
apa obatnya?? penyebabnya mungkin curah hujan yang tinggi di daerah saya.. minta solusinya?
Dody Kastono
28 Dec 2018
Untuk menguatkan bunga dan buah bisa dipupuk dengan unsur K, Ca, dan B.
Ibnu khaldun
29 Dec 2018
lebih bagus dari tanah apa dari daun?
ijin nyanyatet pak
Dody Kastono
31 Dec 2018
Bisa pilih salah satu disesuaikan kondisi tanaman dan cuacanya. Sistem kocor ataupun semprot cukup efektif di dalam menunjang produktivitas dan kualitas buah cabai.
Dody Kastono
31 Dec 2018
Tanaman cabai rawitnya bagus Pak Roy, semoga harga juga bagus.
amin pak dody
Defi Andriyani
31 Dec 2018
cabai shypon bukan itu pak Roy?
bukan bu, tp benih lokal
Defi Andriyani
31 Dec 2018
oalahh.. saya kira Shypon pak heheh
klo shypon kayaknya menggantung buahnya itu mbak Defi.
Dody Kastono
31 Dec 2018
Kapan ke Jogja Pak Roy, Mas Ali Sufyan sudah sampai rumahku di desa Sidoarum kecamatan Godean Sleman Yogyakarta.
INSAALLAH kpanยฒ pasti nyampek jg pak.
Hafis lukman hakim
02 Jan 2019
Kalau bulai pada tanaman cabai penanggulangan yang menuruy anda efektif gimana
Dody Kastono
03 Jan 2019
Harus dilakukan pencegahan sejak dini, yaitu sejak di pesemaian bisa dengan model sungkup ganda serta kendalikan hama kutu kebulnya.
Dody Kastono
03 Jan 2019
Untuk meningkatkan ketahanan alami tanaman, harus diupayakan pemberian unsur hara secara cukup dan seimbang pada setiap fase pertumbuhan tanaman. Jaga sanitasi lahan terutama gulma dikendalikan, agar tidak menjadi inang bagi hama dan penyakit.
Saiful anam
18 Jan 2019
ini knapa ya tanaman cabai nya , daun nya kok keriput
Defi Andriyani
18 Jan 2019
sebelum nya gejala yg muncul spt apa ya pak? apakah disekitaran tanaman ditemukan hama sejenis kutu kutuan?
Silahkan login untuk memberikan komentar atau SMS dengan mengetik PETANI(spasi)*121862(spasi)(KOMENTAR) kirim ke 2000 (telkomsel, xl dan indosat) atau ke 081802002580 (operator lain)