Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Capung Sahabat Petani

Dari sekian banyak serangga, capung merupakan salah satu jenis serangga yang sangat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. Akan tetapi, sangat disayangkan karena habitat dan keberadaan capung-capung ini sudah mulai terampas bahkan sebelum petani mengetahui peran dan manfaat capung itu sendiri bagi lingkungan.

Banyak areal persawahan (terutama dalam pertanian modern) yang sudah bergantung pada penggunaan pestisida. Hal ini akan berdampak pada hilangnya atau perginya capung dan serangga-serangga lain yang tidak toleran terhadap pestisida.

Selama ini capung dikenal sebagai serangga terbang yang cantik yang hinggap di ranting-ranting ataupun ilalang. Meskipun dikenal sebagai serangga yang bisa terbang namun sebagian besar siklus kehidupan capung justru berada di dalam air. Mulai dari telur hingga menjadi nimfa semuanya terjadi di bawah permukaan air. Bahkan lama kehidupan capung setelah bisa terbang hanya terjadi dalam hitungan bulan yaitu sekitar 4 bulan saja.

Bagi serangga lain, capung bisa disamakan seperti monster. Saking ganasnya, larva capung bisa memangsa larva serangga lain, berudu hingga ikan. Kemampuan terbang dan penglihatan capung pun juga luar biasa. Capung dikenal sebagai penerbang tangguh yang mempunyai jarak tempuh jauh dan bisa melihat 360o.

Capung mempunyai dua pasang sayap canggih yang membuatnya bisa terbang ke segala arah, baik ke samping, menyerong maupun mundur, bahkan capung bisa diam dalam satu titik untuk beberapa menit. Hal ini memungkinkan capung dapat menangkap mangsa dengan akurat dan cepat, sekalipun sedang berada di udara.

Peranan capung bagi keberlangsungan ekosistem sangatlah besar, salah satunya bisa menjadi predator bagi beberapa hama. Masa hidupnya sebagai predator hama dimulai sejak masa nimfa hingga dewasa.

Peran yang dimainkan oleh capung mewujudkan terciptanya keseimbangan dalam ekosistem. Selain itu ada manfaat lain yang dapat dirasakan secara langsung oleh manusia. Ketika capung berwujud nimfa, perananya adalah sebagai pemangsa jentik-jentik nyamuk, sehingga jumlah populasi nyamuk di alam dapat terkurangi. Setelah tumbuh dewasa capung membantu petani dalam memerangi serangga hama pertanian seperti wereng, lalat buah, lalat bibit, kutu, sundep dan beluk serta serangga hama lainya.

Capung merupakan serangga musuh alami pada beberapa hama tanaman pangan (padi, jagung, kacang-kacangan) dan perkebunan (teh, kopi, kakao).

Capung juga dapat dijadikan sebagai bioindikator kualitas perairan. Capung termasuk serangga air yang sangat sensitif terhadap perubahan kandungan zat di dalam air. Sehingga perubahan jumlah nimfa capung dapat dijadikan sebagai indikator baik buruknya perairan.

Untuk menjaga agar capung tetap berada di lingkungan pertanaman, maka perlu dilakukan pemasangan ajir. Ajir capung ini bisa membantu capung untuk hinggap dan mengawasi mangsanya. Ajir yang digunakan bisa berupa cabang pohon yang mempunyai beberapa ranting, diletakkan di sekitar atau di tengah sawah.

Selain itu, dengan menjaga lingkungan agar tetap alami dan tidak mengontaminasinya dengan bahan-bahan kimia juga merupakan salah satu cara untuk menjaga keberlangsungan siklus hidup si capung itu sendiri.

Dengan demikian, lingkungan yang alami pasti akan menghadirkan capung dan juga makhluk hidup lain sehingga kedepannya ekosistem alam menjadi seimbang.


Referensi:

penyuluhpertanian.net

benihpertiwi.co.id

sampulpertanian.com

mongabay.co.id

manfaat.co.id

Kategori
                   

Defi Andriyani
15 Feb 2019
terimakasih Lisa informasinya dan juga terimakasih karena selalu mengingatkan kami untuk terus menjaga keasrian lingkungan .. josss
kemaren jg. waktu aq lagi ada d sawah. d areal sawah padi, banyak capung dan walet yg memakan wereng coklat. terbang d atas dedaunan padi
Defi Andriyani
15 Feb 2019
halooooo pak Roy, lama gaa jumpa nih.. wah bagus itu pak, berarti di sawah bapak masih alami.. bagus nih memelihara lahannya.. ntaaap
alhamdulillah mbak Defi Andriyani
di lahan cacingnya jg besarยฒ. nematoda gak berani masuk.
Defi Andriyani
15 Feb 2019
wohoooo udah organik yaa pak sistem tanam yang digunakan? mantaaplahh ituuu
masih semi. kimia d gunakan jg tp se dikit mungkin.
Defi Andriyani
15 Feb 2019
siiip pak Roy.. perlahan tapi pasti, semoga bisa menjadi full organik pak
amin
Asep Irwan 0858
15 Feb 2019
Mantap.... artikelnya LISA. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Albab
15 Feb 2019
eta nu pang haap na gamar na.. hahaa
Defi Andriyani
15 Feb 2019
apa itu pak Albab artinyaa.. hehehe
Tarman
15 Feb 2019
kalau ada tanaman bawang yg akan gejala busuk daun yg palig tepat pakek fungisida yg bahan aktifnya apa yg daerah DPL 1200.
Defi Andriyani
15 Feb 2019
apakah busuk daunnya sudah dipastikan karena jamur pak? kalo ada fotonya disertakan lebih baik pak
Albab
19 Feb 2019
bu defi jika sayah boleh brtanya.. gimna cara penyemayan benih padi...??
Defi Andriyani
20 Feb 2019
pak Albab, apakah benihnya sudah disediakan? sudah direndam? sudah menyiapkan tempat persemaiannya>
Defi Andriyani
20 Feb 2019
Setelah didapat benih yang akan ditanam, benih bisa direndam air yang telah dicampur dengan sedikit hormon terlebih dahulu. Ada banyak produk hormone bibit yang bisa digunakan dan ditemukan di pasaran dengan kadar anjuran yang tertera di kemasan. Hormon yang digunakan untuk perkecambahan bibit adalah auksin dan giberelin.
Defi Andriyani
20 Feb 2019
Rendam bibit selama 24 jam penuh hingga mulai muncul sedikit perakaran dari bibit. Jika belum keluar juga, teruskan perendaman sampai calon akar mulai muncul sebanyak 0,5 cm. Cek secara berkala sampai bibit siap disemai dalam tray.
Defi Andriyani
20 Feb 2019
Siapkan media penyemaian berupa tanah ladu atau tanah sawah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Tanah kemudian diayak untuk menghilangkan kerikil, lalu tanah diratakan dalam tray semai setebal kurang lebih 2 cm.
Defi Andriyani
20 Feb 2019
Kemudian bibit yang sudah direndam bisa ditabur ke dalam media tray semai. Siram bibit secara berkala untuk memastikan bibit menerima cukup air untuk tumbuh baik. Setelah tunas-tunas mulai muncul, pindahkan tray ke lokasi terbuka agar benih menyerap cukup sinar matahari.
Defi Andriyani
20 Feb 2019
Setelah muncul 4-5 daun atau berumur 10-25 hari, benih sudah siap dipindah tanam. Sebab pada umur ini akar benih sudah cukup kokoh dan kuat. Namun di beberapa metode tanam, seperti metode hazton, umur benih siap tanam dianjurkan umur yang lebih tua, sebab lebih tahan terhadap hama keong emas dan produktivitasnya tidak menurun.
Defi Andriyani
20 Feb 2019
selain di atas, sekarang banyak petani yang mulai menyemaikan padinya menggunakan persemaian sistem Dapog, silakan baca link berikut untuk kejelasan informasinya pak, http://8villages.com/full/petani/article/id/5bb587a2f59471773205cba0
Albab
21 Feb 2019
susah sekalih y
Albab
21 Feb 2019
minta WA ibu defi nya bisa gk ??
Defi Andriyani
22 Feb 2019
pelan pelan pak Albab.. proses seperti ini memang tidak sekali dua kali.. perlu diulang ulang.. lama lama akan jadi terbiasa dan mudah heheheh
Defi Andriyani
22 Feb 2019
082227198200, nomor WA saya pak
Albab
22 Feb 2019
terimakasih bu depi
Defi Andriyani
22 Feb 2019
sami sami pak Albab
Silahkan login untuk memberikan komentar atau SMS dengan mengetik PETANI(spasi)*127933(spasi)(KOMENTAR) kirim ke 2000 (telkomsel, xl dan indosat) atau ke 081802002580 (operator lain)