Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Manfaat dan Kegunaan EM4 untuk Pertanian

Effective Microorganism 4 atau yang lebih dikenal dengan EM4 adalah cairan yang berisi campuran dari beberapa mikroorganisme hidup yang bermanfaat dan berguna bagi proses penguraian dan persediaan unsur hara tanah.

Bentuk EM4 adalah berupa cairan yang berwarna kecokelatan dan beraroma segar. EM4 sendiri mengandung bakteri fermentasi, mulai dari genus Lactobacillus, jamur fermentasi, bakteri fotosintetik Actinomycetes, bakteri pelarut fosfat, dan juga ragi.

Cairan EM4 sangat berguna dan dapat dimanfaatkan pada tanaman cabai, padi, pepaya, sayuran, bawang merah, karet, jahe, jagung, jeruk, ataupun tanaman hias.

Larutan EM4 yang tersedia di toko pertanian sebenarnya dapat digunakan langsung ataupun dapat dikocorkan pada media yang akan difermentasi. Namun dalam penggunaan skala besar atau banyak, larutan EM4 tersebut sebaiknya perlu untuk dilakukan pengembangbiakan kembali. Tujuannya adalah untuk mendapatkan larutan EM4 dalam jumlah banyak sehingga tentunya menjadi lebih hemat biaya.

Untuk melakukan pembiakan bakteri EM4, dapat digunakan bahan-bahan yang harganya murah dan mudah didapat. Berikut merupakan tahap-tahap dalam mengembangbiakannya.

Bahan dan alat yang perlu disiapkan adalah:

  • 200 ml liter bakteri EM4 atau setara dengan segelas air mineral
  • 1/2 kg dedak halus
  • 50 gr gula merah
  • 50 gr terasi
  • 1 liter air
  • Panci
  • Botol kemasan air mineral ukuran 1500 ml
  • Corong
  • Saringan teh
  • Gayung
  • Wadah plastik bekas cat 5 kg + tutup bisa menggunakan derigen

Sedangkan untuk proses pembiakannya adalah dengan

  • Terlebih dahulu merebus air bersih sebanyak satu liter hingga mendidih
  • Kemudian, dimasukkan terasi, dedak halus dan gula (diiris) ke dalam air dan diaduk-aduk
  • Setelah semua larut selanjutnya diangkat dan didinginkan
  • Setelah dingin, larutan tersebut dimasukkan ke dalam wadah bekas cat kemudian diaduk sampai merata dan ditutup rapat selama 2 hari.
  • Setelah 2 hari, tutup wadah dibuka untuk memberi ruang udara dan sambil diaduk.
  • Setelah 4 hari larutan EM4 sudah jadi dan bisa digunakan.
  • Sebelum digunakan, larutan disaring untuk memisahkan dari ampasnya dan selanjutnya disimpan ke dalam botol air mineral
  • Ampas selanjutnya dapat digunakan lagi untuk membiakkan EM4 berikutnya dengan menambahkan air matang dingin dan gula merah dengan dosis setiap 1 liter air+ 50 gr gula merah.
  • Untuk membiakan EM4 dengan komposisi yang lebih besar bisa digunakan dosis di atas dengan cara mengalikan berapa kali lipat dosis di atas.

EM4 bukanlah pupuk tetapi bahan yang dapat mempercepat proses pembuatan pupuk organik dan kualitas pupuk. Dalam bidang pertanian, cairan EM4 seringkali diaplikasikan dalam pembuatan kompos, pupuk bokashi, serta pembuatan POC.

Peranan bokasi sama dengan pupuk kompos lainnya namun bokasi yang dibuat dengan penambahan EM4 memiliki keuntungan penggunaan yaitu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman meskipun bahan organiknya belum terurai seperti pada kompos.

Apabila bokasi dimasukan kedalam tanah, bahan organiknya dapat digunakan sebagai substrat oleh mikroorganisme efektif untuk berkembangbiak dalam tanah sekaligus sebagai tambahan persediaan unsur bagi tanaman

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegunaan dari EM4 dalam bidang pertanian adalah untuk:

  • Memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah
  • Meningkatkan jumlah produksi tanaman
  • Menjaga kestabilan hasil pertanian ataupun perkebunan
  • Memfermentasi bahan organik
  • Mempercepat proses dekomposisi bahan-bahan organik di dalam tanah
  • Meningkatkan kualitas kuantitas panen
  • Menciptakan pertanian yang berwawasan ramah terhadap lingkungan
  • Memperkaya keragaman mikroba yang sangat menguntungkan di dalam media tanam atau tambak
  • Memperbaiki nutrisi, senyawa yang dibutuhkan tanaman/ikan dari dalam tanah
  • Mempercepat proses fiksasi/bintil akar
  • Meminimalisir atau mengurangi kebutuhan pupuk bahkan pestisida

Referensi:

bertaniorganik.com

pertanianku.com

sinauternak.com

Kategori
                       

Defi Andriyani
30 Mar 2020
jossss lisaa.. lanjutkan untuk selalu memberikan referensi2 bacaan yang bermanfaat
Rizza Marwan
30 Mar 2020
fermentasi telah berhasil jika pH mencapai 3,4 sampai 3,8
Rizza Marwan
30 Mar 2020
aneh EM4 made in jakarta tapi di jatim harganya murah banggeut
Rizal
30 Mar 2020
mantul lisa....saya mau mengaplikasikan
Adi karnovan
30 Mar 2020
em4 bs lgsg d siram d bawah Batang gak y?? mhon petunjuk para master..
Wage
30 Mar 2020
kembang biakan EM4 lumayan hemat, problem nya nyari dedek gak gampang disini.
Mahani
30 Mar 2020
mantul lisa...
Mahani
30 Mar 2020
di tempat sy ada juga ma.11 sama dengan em4 untuk mempercepat proses pembiatan pupuk organik juga ...
Budi Utomo
30 Mar 2020
saya sudah dua musim tanam padi, pakai em4
Rusman
30 Mar 2020
bagaimana cara aplikasi di persawahan
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Mantap..... ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Saya sudah mencobanya, dan mungkin di karnakan tanah lahan sawah saya gembur/dalam. walau sudah di lepas beberapa musim ini efeknya masih ada.
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Aplikasinya saya gunakan 1-2 gelas Aqua utk tangki sprayer 16 liter.
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Aplikasi pertama 2 gelas dan Aplikasi ke dua 1 gelas.
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Dan Aplikasinya setelah penebaran pupuk sp-36 Bu Rusman.
Rusman
30 Mar 2020
waktu aplikasinya sesudah ada tanaman atau sebelum ada tanaman Pak Asep.
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Saat pemberian pupuk tunggal P (SP-36) atau pupuk ganda N P dan K (phonska) saat Masuk bunting muda atau pengisian bulir.
Rusman
30 Mar 2020
Pak Asep mau nanya,,, bisa gak pupuk dari garam di mix dengan EM4 untuk menetralkan pH tanah... pH tanah di sawah saya rendah sekali hanya pH 5
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
maaf.... Di atas saya salah ketik.... maksudnya Pak Rusman.
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
wah... Saya belum mencobanya Pak Rusman. jadi kurang Paham.
Rusman
30 Mar 2020
Pak Asep bagaimana cara menetralkan pH tanah
Rizza Marwan
30 Mar 2020
pakai dolomit
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Tabur kapur Dolomit.
Rusman
30 Mar 2020
untuk/hektarnya di kasih berapa kg
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
utk menaikan 1 poin Ph tanah memerlukan 2 ton kapur dolomite. dan lebih jelasnya silahkan klik link di bawah ini. http://kaltim.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=840&Itemid=5
artikelnya sangat bermanfaat. tapi saya belum faham betul. mhn maaf, mau nanya nich, setelah saya baca dan amati. proses pembiakan bakteri EM4 nya. kapan tahapan pencampuran 200 ml bakteri EM4 dengan bahan lainnya. bagi yang berpengalaman mhn share ilmu nya.
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Saat itu langsung di campur, hanya utk bahan lainnya yg di larutkan dgn air panas tunggu sampai angat-angat kuku.
oh gitu ya kang. soalnya diartikel, tidak djelaskan..
makasih kang, atas pencerahannya.
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Buka tutup botol sehari sekali, dan setelah 2 minggu cium aromanya.... jika sudah bau tape dan air menjadi coklat itu tanda fermentasi bakteri sudah jadi.
kalau untuk tanaman kacang hijau, kapan waktu yang tepat untuk aplikasinya kang??
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Sama-sama Pak Furkhon.
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
Saya belum coba?
Asep Irwan 0858
30 Mar 2020
utk tanaman kacang hijau.
salah satu dekomposer yg sdah sangat terkenal inu
Arum
02 Apr 2020
kemarin ada artikel yang memgatakan jika EM 4 bisa dibuat sendiri. kira-kira untuk pembuatannya apakah rumit ya?
rosyad
06 Apr 2020
apakah pengaplikasian nya boleh di campur dgn pestisida atau fungisida?
Defi Andriyani
06 Apr 2020
Bu Arum, silakan bisa dibaca pada artikelnya di atas, seenggaknya bisa memperbanyak sendiri dr em4 yang sudah ada jika masih belum bisa membuat sendiri
Defi Andriyani
06 Apr 2020
pak Rosyad, kalo saran saya, untuk aplikasi pemupukan dgn POC dipisahkan saja aplikasinya dengan pestisida, supaya lebih efektif untuk keduanya,
karena beda tujuan pak penggunaan EM4 dengan pestisida
walaupun kebanyakan petani mau hemat waktu hemat tenaga
Mahani
06 Apr 2020
mantap pak anton...
rosyad
07 Apr 2020
ya itu pak. kalo lahan sdikit sih gak begitu masalah. kalo radak luas kan perlu tnaga extra ๐Ÿ˜
Rizza Marwan
08 Apr 2020
kalau hasil permentasi perbanyak EM4 hasilnya bau asem kaya susu busuk itu berhasil ngga?
Asep Irwan 0858
08 Apr 2020
Tanda2 berhasil.... harus wangi air tape atau ketan item yg di kasih ragi.
Rizza Marwan
08 Apr 2020
kaya bau peyeum ketan gitu?
Asep Irwan 0858
08 Apr 2020
betul.
Ahmad Rifai
08 Apr 2020
bolehkah saya ikut gabung? salam kenal
Rizza Marwan
08 Apr 2020
silahkan silahkan, selamat datang..
Ahmad Rifai
08 Apr 2020
terimakasih mas riza marwan
Rizza Marwan
08 Apr 2020
itu dalam proses pembiakan, masukin EM4 nya pas dibagian mana ya? setelah dingin? atau setelah mendidih?
Asep Irwan 0858
08 Apr 2020
Bagusnya tunggu saat airnya dingin atau angat-angat kuku boleh juga. (sediakan setengah air dingin utk mencampurnya)
Rizza Marwan
09 Apr 2020
sip, nanti dicoba, semoga kali ini berhasil pakai resep dari tante lisa..
Asep Irwan 0858
09 Apr 2020
๐Ÿ‘
Defi Andriyani
09 Apr 2020
mantull.. ditunggu perkembangan selanjutnya pak Rizza
Mahani
09 Apr 2020
mantul...
Mahani
09 Apr 2020
selamat bergabung pak ahmad...
tomyardiansyah
09 Apr 2020
kalau kohe sapi apakah bisa di permentasi dan caranya apakah seperti di atas..salam blm pernah coba.
Rizza Marwan
11 Apr 2020
halo.. apa ga salah resepnya 1/2kg dedak untuk 1 liter air? ko malah jadi kaya adonan kue?
David
12 Apr 2020
Tinggal panggang aja Pak Rizza Marwan, jadi donat tuh
rosyad
12 Apr 2020
ini artikelnya mna ya. mo aku contoh kok dah ilang
Rizza Marwan
12 Apr 2020
donat bau terasi..
Rizza Marwan
12 Apr 2020
buka artikelnya lewat browser - Manfaat dan Kegunaan EM4 untuk Pertanian https://8villages.com/full/petani/article/id/5e815f1f06a2c948309758ad
laminto
18 Apr 2020
mau tanya klu penyemprotan gulma pakai ally plus apa efek sampingnya klu di tanami bawang merah. ..?
Rokhmat
16 May 2020
Pak Riza, saya jg lagi nyoba nih, tapi punyaku tetep รจncรจr kayak bubur. Nggak nggumpal. Natr 2 hari coba update hasilnya.
Rusman
25 May 2020
pak Rokhmat aku jg udah nyoba, hasilnya jg encer, tp pas di saring dapatnya cuma sedikit, jadi saya bikin lagi tinggal nambah air galon 5ltr + gula merah 250gr yg sdh diencerkan kemudian difermentasi seperti cara pertama.hasilnya Joss Pak.
Defi Andriyani
26 May 2020
wahh mantuul pak Rusman,
Mahani
26 May 2020
keren mantap pak rokhmat...
Mahani
26 May 2020
mantap pak rusman ...
Rokhmat
27 May 2020
Benar pak Rusman, hasilnya cuma dpt kurang lebih 300cc. Itu yg ditambah air lg berarti ampasnya ya pak?
MESAKH DAELI
05 Jun 2020
sangat bermanfaat, bisa terbantu dari harga.
Defi Andriyani
06 Jun 2020
sila bisa dicoba pak Mesakh,
MESAKH DAELI
06 Jun 2020
bisa kita aplikasi em4 pada padi saat malai menumbuh atau tidak ada manfaatnya pada malai padi? mohon pencerahan.
MESAKH DAELI
06 Jun 2020
minta tolong pencerahan, saya mau belajar meracik em4, apa bahan yg di persiapkan dan cara meraciknya,
Defi Andriyani
07 Jun 2020
pak mesakh, kalo sudah punya em4 tinggak dibiakkan saja pak seperti cara di atas, nanti bisa jadi tambah banyak
MESAKH DAELI
08 Jun 2020
begitu ya bu, apakah sama hasilnya?
Defi Andriyani
08 Jun 2020
sama pak Mesakh, kalo berhasil jenis mikroorganisme yang berkembang akan sama juga soalnya
MESAKH DAELI
10 Jun 2020
cara membasmi keong bu,
Saprudin Ahmad
22 Jun 2020
Thank you for information, Lisa....
Defi Andriyani
22 Jun 2020
cara mengendalikan keong bisa dibaca pada link ini yaa pak Mesakh, https://8villages.com/full/petani/article/id/5bf61ebc5a1f267709fab20d
MESAKH DAELI
23 Jun 2020
tentang penanganan keong mas, kita sepakat dgn cara di pungut. Didaerah saya sangat bermanfaat daging keong mas. yg besar di di pisahkan lalu di rebus, stlh di rebus baru di cungkil. dagingnya di di rendam dgn campuran garam dgn air slma 3 jam. lalu di di keluarkan sambil airnya menurun utk keluar. manfaatnya yaitu: Di jual ke pemilik kolam ikan lele, dgn hrg per kg rp.20.000. kpd budidaya bebek di jual ikut dgn cangkangnya per kg rp.5000. kemudian di jadikan tepung dgn proses pengeringan, di campur pd pakan ternak ayam peteler dgn hrg per kg 40.000. Demikian pengalaman penggunaan serta manfaat di daerah saya keong mas, nutrisinya sangat tinggi. tks
Defi Andriyani
24 Jun 2020
woohhh mantuull itu pak Daeli, perlu disosialisasikan lagi pemanfaatan keong yang seperti itu hehehe
Mahani
24 Jun 2020
mantap pak daeli kalau di tempat saya juga sama seperri itu janya bisa di komsumsi juga tapi keong yg hitam ataukeong sawah
MESAKH DAELI
24 Jun 2020
iya benar, sdh di uji nutrisi keongnya.
MESAKH DAELI
26 Jun 2020
yg perlu saya konsultasikan mungkin ada yg sdh uji coba, apa yg cocok tanaman tumbang sari pada lahan sawah padi. Di daerah kami posisi skrg sdg panen. sebelum selesai panen tentu perlu persiapan tanaman tumbang sari. mohon saran.
Defi Andriyani
26 Jun 2020
kalo padinya padi gogo bisa ditumpangsarikan dengan jagung pak,
MESAKH DAELI
26 Jun 2020
begitu ya bu,
MESAKH DAELI
27 Jun 2020
padinya gogo bu, apakah tidak pengaruh kesuburan klu bedengan tausa di buat.
Defi Andriyani
29 Jun 2020
pak Daeli, referensinya bisa dibaca pada link ini pak, https://8villages.com/full/petani/article/id/5cde2ae13a4bcb6c685c93e3
Silahkan login untuk memberikan komentar atau SMS dengan mengetik PETANI(spasi)*189587(spasi)(KOMENTAR) kirim ke 2000 (telkomsel, xl dan indosat) atau ke 081802002580 (operator lain)