Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

Kalender Musim Buah di Indonesia

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah. Salah satu hasil alam yang dapat dengan mudah dinikmati adalah buah-buahan. Sepanjang tahun, Indonesia dianugerahi oleh musim buah yang datang secara bergantian.

Rasa buah terbaik biasanya dijumpai saat musimnya tiba. Ini karena hasil panennya yang melimpah dan harga buahnya cenderung relatif lebih murah.

Bagi Anda penggemar buah-buahan, penting untuk mengetahui kapan saja waktu berbuahnya buah-buahan tersebut. Ini dilakukan agar Anda tidak bingung mencari kesana-kemari jenis buah yang mungkin belum saatnya berbuah atau justru sudah kelewat masa panennya.

Berikut adalah jadwal musim buah yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber dan juga sudah dipadukan dengan pengalaman di lapangan dimana buah tersebut dapat ditemukan dengan mudah.

Januari – Maret

Selama tiga bulan di awal tahun, buah favorit masyarakat Indonesia yang sudah bisa dipanen adalah durian, rambutan, alpukat, manggis, sawo, kedondong, salak, jambu biji, jeruk nipis, duku, dan jeruk Bali.

Diantara buah-buah tersebut, musim panen buah durian akan berakhir pada bulan Februari akhir. Hal tersebut juga berlaku untuk buah manggis. Akan tetapi, buah manggis masih bisa dijumpai meskipun sedikit hingga Maret.

Maret juga menjadi awal musim panen dari sirsak. Buah ini akan terus berbuah hingga Desember mendatang.

April – Juni

Selama bulan April hingga Juni, hanya buah kesemek dan jeruk manis yang baru berbuah pada periode ini. Buah lainnya mengikuti periode sebelumnya, seperti salak, jeruk nipis, duku, dan jeruk Bali. Beberapa ada yang tetap dipanen, tapi berbuah sedikit. Misalnya kedondong, jambu biji, jeruk Bali, dan jambu air. Untuk periode ini, mangga masih belum masuk musimnya.

Juli – September

Ada tujuh jenis buah yang berbuah lebat pada periode ini. Semuanya tampak menggiurkan, yakni kesemek, jeruk manis, belimbing, melon, jambu mete, jambu bol, dan mangga.

Hingga Desember, jambu air, jeruk bali, jambu biji, dan kedondong masih terus berbuah, meski sedikit. Buah-buah tersebut akan terus berbuah hingga benar-benar musim panennya tiba.

Oktober – Desember

Rentang bulan Oktober hingga Desember adalah surganya para pecinta buah durian. Ini karena, buah durian sudah memasuki musim panen dan kuantitas serta kualitas durian yang dihasilkan sedang pada titik terbaik.

Selain durian, jenis buah lain yang akan terus berbuah hingga periode awal, antara lain manggis, rambutan, alpukat, sawo, dan jeruk Bali.

Nah, itu dia kalender musim buah di Indonesia. Apakah buah favorit Anda sudah memasuki masa panen di bulan ini atau malah belum?


Referensi:

indonesia.go.id

brilio.net

idntimes.com

Kategori
               

Mahani
Petani · Kabupaten Lombok Timur
mantap artikelnya lisa...
02 Jun 2020
Mahani
Petani · Kabupaten Lombok Timur
jadi lebih tahu musim buah siip lisa...
02 Jun 2020
rosyad
Petani · Kabupaten Demak
manfaat banget nih. andai ada cara mengetahui hasil panen sayuran juga. byar ndak banget banget murah sperti cabai hari ini.
02 Jun 2020
Defi Andriyani
Penyuluh · Kabupaten Magelang
josss Lisa, sangat bermanfaat informasinya
02 Jun 2020
Mahani
Petani · Kabupaten Lombok Timur
kalau cabai murah kan bisa di jemur atau di buat olahan pak rosyad...
02 Jun 2020
Abdul Jalil
Mahasiswa · Kota Tarakan
cabai daerah Kalimantan Utara mahal loh pak rosyad
02 Jun 2020
rosyad
Petani · Kabupaten Demak
mahani iya sih pak, tapi kbanyakan peteni sini bergantung hidup sama pertanian nya. jadi pilih jual, dapet uang, trus buat makan sama ambil burih lagi buat panen lagi. kalo di jemur atau di olah dulu, pasti jadi nya uang akan lbih lama, sdangkan pegangan uang udah di masukkin ke sawah tadi buat ngrawat cabai.
02 Jun 2020
rosyad
Petani · Kabupaten Demak
@abdul jalil. ya alhamdulillah klo gitu, petaninya masih ada untung buat nabung 😁. di desaku 1kilo dari petani aja udah 3000 itu pun udah maksa banget katanya. 1kilo 3rb lo, buat bayarin orang manen aja kurang. panen sendiri nggak habis
02 Jun 2020
Abdul Jalil
Mahasiswa · Kota Tarakan
innalilahi wainnailaihi rojiun, didaerah mana pak Rosyad,
02 Jun 2020
Abdul Jalil
Mahasiswa · Kota Tarakan
seharusnya tidak boleh seperti itu, jauh dari ketetapan harga nasional
02 Jun 2020
rosyad
Petani · Kabupaten Demak
emang ada ya ketetapan harga nasional buat pertanian? stahuku dari dulu sampai skarang ya tergantung pasar sih. daerah demak jateng.
02 Jun 2020
Mahani
Petani · Kabupaten Lombok Timur
betul pak rosyat memang dapet uangnya jadi agak lama tapi bisa di jemur atau di olah sebagian
02 Jun 2020
Mahani
Petani · Kabupaten Lombok Timur
dan uangnya bisa jadi lebih di bandingkan menjual wktu harga murah..
02 Jun 2020
Mahani
Petani · Kabupaten Lombok Timur
atau bisa di kirim cabenya ke tempatnya pak abdul jalil
02 Jun 2020
Mahani
Petani · Kabupaten Lombok Timur
banyak konsumsi buah bikin sehat
02 Jun 2020
Baiq Mariana
Penyuluh · Jerowaru
Terima kasih Lisa informasinya yang sangat bermanfaat
14 Jun 2020
Masjudin
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Saya izin share lisa
15 Jun 2020
Defi Andriyani
Penyuluh · Kabupaten Magelang
silakan pak Mas judin,, bebas share kalo kata LISA mah hehehe
15 Jun 2020
Mansur
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Bermanfaat sekali informasi dari lisa
15 Jun 2020
Achmad subur
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Terima kasih bermanfaat seklai
16 Jun 2020
Eka aprianingsih
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Jadi tau bulan musim buah2N
16 Jun 2020
Mahani
Petani · Kabupaten Lombok Timur
itulah lisa selalu memberikan artikelnya yg terbaik...
16 Jun 2020
Naman
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Terima kasih Lisa, jadi kita tahu kalender musim
17 Jun 2020
Murdan
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Terima kasih Lisa, jadi kita tahu musim buah di Indonesia
22 Jun 2020
Sahban
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Jadi tahu musim buah sekarang, terima kasih lisa
23 Jun 2020
Suparman
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Terima kasih lisa
25 Jun 2020
Lismawati
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Oh, gitu ya baru saya tahu, terima kasih lisa
29 Jun 2020
Fila
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Jadi tahu musim buah
29 Jun 2020
Nurhasanah
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Jadi tahu musim buah sekarang, terima kasih lisa
29 Jun 2020
L. Hairul Anam
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Mantul
01 Jul 2020
M. Aminudin
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Keren
01 Jul 2020
Rumejab
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Penting banget kita tahu, sebagai ilmu pengetahuan saja
03 Jul 2020
Esti
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Saya penggemar buah2an terima kasih Lisa informasinya
06 Jul 2020
Nuraini
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Terima kasih lisa
06 Jul 2020
patahillah
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Musim durian ternyata diawal dan akhir tahun
06 Jul 2020
Akmal Sun
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Mantul
06 Jul 2020
Edy suranta tarigan
Petani · Kabupaten Karo
mantap
27 Jul 2020
Aditia Purnama
Petani · Kabupaten Lombok Timur
Indonesia memang kaya alam, budaya
30 Jul 2020
Silahkan login untuk memberikan komentar