Beranda
Peringkat
Tanya Jawab
Artikel
Video
Toko
Panen
Survey
Informasi SMS
Informasi Cuaca
Informasi Harga
Informasi Pupuk
Masuk
Ubah Bahasa

SENIOR.... mau tanya tanaman bawang merah saya umur 50 hari kok pada busuk pada pangkal umbi dan akar penyebabnya apa ya...

Kategori
   

Syahrial
Petani · Kabupaten Pidie
ada gambarnya gak
23 Aug 2017
Defi Andriyani
Petani · Kabupaten Magelang
kondisi busuknya seperti apa yaa Pak.. muncul spora berwarna putih tidak yaa?
23 Aug 2017
Masykur
Petani · Kabupaten Brebes
pake aplikasi pembesar buah ya???
23 Aug 2017
Irawan hp.087772409548
Petani · Kabupaten Brebes
karena penyakit akar, cobain bionano hayati
23 Aug 2017
Paimin
Petani · Kabupaten Karanganyar
apa kelebihan air ya
24 Aug 2017
Samsudaya
Petani · Kabupaten Temanggung
Mas masykur... Mohon pencerahan. Kondisi daerah saya setiap pagi berkabut, apakah itu tanaman brambang saya busuk daun, lantas pencegahanya bagaimana untuk musim tanam berikutnya. Jarak idial antara permukaan air sama bedengan berapa ya mas...? Sebaiknya penyiraman di lakukan setelah umur 1 bln berapa kali sampe panen..?
26 Aug 2017
Masykur
Petani · Kabupaten Brebes
pa samsudaya...emang pake pupuk apa kok kaya pupuk ponska atau pupuk yg kadar nitrogennya tinggi....klo saya nyiram dua hari satu kali soalnya sayang ama pestisida yg kita semprot...kan bisa tercuci air siraman klo kita tiap hari siram...jarak permukaan air sama bedengan cukup 20cm...biar tidak becek jd akar jg sehat...
26 Aug 2017
Samsudaya
Petani · Kabupaten Temanggung
Trima kasih pak masykur atas saranya, memang saya pupuknya pake phonska sama kcl lantas yg bagus pake pupuk apa ya pak? Kemudian tentang kabut yg setiap pagi di daerah saya itu apakah tidak berpengaruh thd penyakit daun nya menjadi kering atau jamur ya pak ?? Mohon solusinya. Soalnya saya baru kali ini mencoba tanam bawang merah.
27 Aug 2017
Masykur
Petani · Kabupaten Brebes
klo pupuk cari NPK yg berkuakitas/bukan subsidi....kaya mutiara apa dgw atau nitroposka yg penting jangan yg subsidi deh...klo mau pakai ya dikit aja pak...
27 Aug 2017
Masykur
Petani · Kabupaten Brebes
mending buat pencegahan klo nyemprot di kasih fungisida aja pak...kan banyak di toko...pake aja BENLOX atau sagrinil...
27 Aug 2017
Samsudaya
Petani · Kabupaten Temanggung
Ya.. Pak terima kasih, satu lagi pak.... Dalam pemberian pupuk sabaik nya di kocorkan atau di sebarkan ya pak..
27 Aug 2017
Masykur
Petani · Kabupaten Brebes
klo ga pake plastik mulsa ya di sebar pa...klo di brebes musim kering itu bisa 4 kali pemupukan tp klo musim basah 3 kali....rata" 1/4 hektar itu bisa 50-60 kilo tiap pemupukan...
27 Aug 2017
Samsudaya
Petani · Kabupaten Temanggung
Siang... Mbak Defi, mo tanya nich... Gimana caranya agar daun bawang bisa terhindar dari busuk daun...? SOALNYA daerah saya hampir setiap pagi berkabut ada yg bilang daun busuk di karenakan kabut, ato pedut.... Saya tunggu solusinya. Tank's.
27 Aug 2017
Samsudaya
Petani · Kabupaten Temanggung
Baiklah pak masykur teriama kasih banyak atas keteranganya yg sangat berharga bagi saya, naanti saya aplikasikan di tanam berikutnya. Tetima kasih.
27 Aug 2017
Defi Andriyani
Petani · Kabupaten Sleman
pak Samsudaya.. di daerah Bapak apakah sering terjadi hujan pada malam hari dan pagi harinya udara berkabut?
28 Aug 2017
Samsudaya
Petani · Kabupaten Temanggung
Siang... Mbak Defi kalau hujan malam sich engga tapi kalo pagi kabutnya tebal mbaak...
28 Aug 2017
Emrizal
Petani · Kabupaten Agam
nyimak
29 Aug 2017
Muhammad Zulfajri
Penyuluh · Kabupaten Solok
Busuk daun (Antraknosa) di sebabkan oleh cendawan Collectricum Gloeosporiodes,Penyakit cepat menyebar dan Menular pd kondisi kelembaban udara Tinggi #Pengendalian 1.Mengolah Tanah dg Baik 2.Berdrainase baik, Mencegah genangan air hujan 3.Gunakan plastik mulsa pada waktu tanam musim hujan mulsa berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah dan mencegah tumbuh gulma 4.Kalau bisa,Lakukan rotasi tanaman/pergantian tanamam 5.PH tanah 5,6-7,0,Jika di bawah 5,5 gunakan kapur dolomit, Dosis sesuai kebutuhan 6.Gunakan bibit BM tahan terhadap penyakit 7.Jarak tanaman yg teratur, Jangan terlalu rapat 8.Penggunaan pupuk yg berimbang penggunaan pupuk unsur N yg berlebihan dapat menyebabkan tanaman rentan terhadap brbagai penyakit 9.Perlakuan benih menggunakan Fungisida Metil Tiofamat #Pengendalian 1.Secara mekanis ->> Musnahkan daun yg terinfeksi 2.Secara Organik ->> Bubuk biji mimba/Ekstrak biji mimba, Dosis 30-40/L air 2-3 hari sekali 3.Secara Kimia ->> Gunakan Fungisida Ex: Bion M, Czeb, Daconil, Score #Sesuai dg keadaan lapangan saya selama Ini Mungkin itu aja mas,Moga Bermanfaat.. aamiin
30 Aug 2017
Samsudaya
Petani · Kabupaten Temanggung
Terima kasih mas Zul.. atas saran saran yg mas berikan yg mana untuk acuan saya menanam berikutnya agar lebih waspada trhd cuaca dan serangan penyakit. Sekali lagi terima kasih.
30 Aug 2017
Muhammad Zulfajri
Penyuluh · Kabupaten Solok
untuk racun kabut yg saya saran kan, cba mas pake fungisida yg bahan aktif azoxistrobin Ex: Azoxa Plus,,,,klorotalonil,simoksanil..
30 Aug 2017
Silahkan login untuk memberikan komentar